RSS
 

Archive for October, 2014

Tugas Adm. Pendidikan dan Teknologi Pendidikan

31 Oct

Tugas Mata kuliah Adm.Pendidikan dan Teknologi Pendidikan D4 Reguler dan Progsus 2014 dapat diposting di comments berikut

 
Comments Off on Tugas Adm. Pendidikan dan Teknologi Pendidikan

Posted in Administrasi dan Teknologi Pendidikan

 

Hubungan Jenjang Karir Terhadap Kinerja Karyawan

29 Oct

Pengembangan karier merupakan tanggung jawab suatu organisasi yang menyiapkan karyawan dengan kualifikasi dan pengalaman tertentu, agar pada waktu dibutuhkan organisasi sudah memiliki karyawan dengan kualifikasi tertentu. Sifatnya paternalistik, dari atas kebawah dan tersentralisasi.

Jadi yang dilakukan karyawan adalah bekerja sebaik mungkin, mengikuti semua pelatihan yang diberikan, menunggu kesempatan kenaikan jabatan dan biasanya menurut saja menduduki jabatan yang ditawarkan oleh perusahaan. Pengembangan karier tradisional pada umumnya berupa kenaikan karier secara vertikal dari satu jenjang pekerjaan tertentu ke jenjang berikutnya. Jadi seseorang diharapkan mendalami suatu bidang pekerjaan tertentu kemudian menduduki jabatan manajerial.

Makalah selengkapnya bisa dibaca di sini: Seminar MSDM Kelompok 3

 
Comments Off on Hubungan Jenjang Karir Terhadap Kinerja Karyawan

Posted in Seminar SDM

 

Patut Bersyukur

28 Oct
 
Comments Off on Patut Bersyukur

Posted in Pengajian

 

KISI-KISI UTS semester ganjil 14

26 Oct

Perencanaan dan Pengembangan SDM

  1. Desain pekerjaan dalam kaitannya dengan perencanaan sumberdaya manusia.
  2. Konsep Perencanaan Sumberdaya manusia, dan  hubungannya dengan Pengembangan Sumberdaya manusia
  3. Faktor-faktor yang mempengaruhi Perencanaan SDM dalam organisasi
  4. Work load analysis dan work force analysis dalam perencanaan sdm

Hubugan Industrial

  1. Konsep  Hubungan  Industrial dan sejarah Hubungan Industrial
  2. Peran Hubungan industrial bagi kepentingan perusahaan dan bagi kepentingan pekerja sendiri
  3. Penyelesaian Perselisihan Hubungan Kerja
  4. Peran Pemerintah dalm Hubungan Industrial dan Hubungan Industrial Pancasila

Kepemimpinan

  1. Konsep pemimpin, kepemimpinan, dan manajer
  2. Perbedaan pokok pola pikir seorang pemimpin dan seorang manajer
  3. Ggaya manajemen
  4. Pendekatan kepemimpinan
 
Comments Off on KISI-KISI UTS semester ganjil 14

Posted in Ujian/Kisi-kisi

 

SEMINAR SUMBER DAYA MANUSIA TENTANG PENILAIAN KINERJA

23 Oct

Rob Winchester adalah wakil direktur baru  untuk urusan administratif di Universitas Negeri Sweetwater. Dan tiga minggu setelah ia bertugas di bulan September, Direktur Sweetwater, atasan Rob, mengatakan bahwa salah satu tugas pertamanya adalah meningkatkan sistem penilaian yang semula digunakan untuk mengevaluasi kinerja kesekretariatan dan tugas-tugas rutin kantor di Universitas Sweetwater.

Kesulitan utamanya adalah penilaian kinerja tradisional sangat erat dikaitkan dengan peningkatan gaji yang diberikan di akhir tahun. Jadi sebagian besar administrator tidak akurat ketika mereka menggunakan formulir penilaian grafik yang merupakan basis dari evaluasi pada staf klerk. Kenyataan yang biasa terjadi bahwa setiap administrator dengan mudah menilai klerk atau sekretarisnya dengan “Luar Biasa”. Ini melapangkan jalan bagi semua staf pendukung untuk meningkatkan gaji maksimum setiap tahun.

Anggaran universitas saat ini tidak memilki cukup uang untuk mendanai peningkatan gaji “maksimum” tahunan lainnya untuk setiap staff. Bahkan, Direktur Sweetwater merasa bahwa tradisi tersebut memberikan suatu umpan balik yang salah bagi setiap sekretaris pada kinerja tahunan sehingga tidaklah produktif, jadi dia meminta pada wakil direktur untuk merevisi sistem tersebut.

Makalah selengkapnya bisa dibaca di sini : SEMINAR SDM KELOMPOK 4

 
Comments Off on SEMINAR SUMBER DAYA MANUSIA TENTANG PENILAIAN KINERJA

Posted in Seminar SDM

 

Tugas Individu Hubungan Industrial

23 Oct

Tugas Individu Hubungan Industrial

peran pancasila,kapitalis,sosialis_asgaf narandra

peran pancasila,kapitalis,sosialis_ABIGAIL

peran pancasila,kapitalis,sosialis_novita

peran pancasila,kapitalis,sosialis_iqbal tawakkal

peran pancasila,kapitalis,sosialis_ariesta

peran pancasila,kapitalis,sosialis_agnes yosephine

peran pancasila,kapitalis,sosialis_rizqi anuari

peran pancasila,kapitalis,sosialis_joehairi

peran pancasila,kapitalis,sosialis_alfredo slamet

peran pancasila,kapitalis,sosialis_allisya puspita

peran pancasila,kapitalis,sosialis_okky sandy

peran pancasila,kapitalis,sosialis_moh. intan siri

peran pancasila,kapitalis,sosialis_rizky dwi setyawan

peran pancasila,kapitalis,sosialis_chyntia

peran pancasila,kapitalis,sosialis_muh. iqbal azhari

peran pancasila,kapitalis,sosialis_ahmad seno

peran pancasila,kapitalis,sosialis_tri atmadi nugroho

 

 
Comments Off on Tugas Individu Hubungan Industrial

Posted in Hubungan Industrial

 

Supply Planning

22 Oct

Membahas soal manajemen sumber daya manusia tidak lepas dari perencanaan penyediaan sumber daya manusia sehingga kebutuhan yang diharapkan terhadap tersediaanya sumber manusia yang dibutuhkan bisa terpenuhi secara efektif dan efisien. Sumber daya manusia merupakan pilar fungsi utama organisasi dalam mendukung pola penentuan strategi dan kebijakan secara terpadu. Keputusan-keputusan dan perencanaan sumber daya mansuia harus sehat dengan didukung oleh informasi mengenai sumber daya manusia yang baik. Perencanaan sumber daya manausia dalam perusahaan atau organisasi membutuhkan perencanaan dalam pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia dalam segala aspek seperti aspek operasional, produksi, distribusi dan lain-lain.

Fungsi dari perencanaan penyedian sumber daya manusia juga merupakan fungsi utama dalam organisasi guna menjamin tersedianya tenaga kerja yang tepat untuk menduduki berbagai fungsi, jabatan, dan pekerjaan dalam sebuah organisasi, dan yang paling penting akan menjadi sebuah investasi bagi perusahan atau organisasi.

Keputusan bekerja dalam pilihan pekerjaan juga dipengaruhi banyak variabel, seperti upah dan manfaat pekerjaan. Ini sangat penting bagi perusahaan dalam mengelola sehingga bisa dijadikan sebagai investasi perusahaan. Pengertian investasi sumber daya manusia adalah pengorbanan sejumlah dana yang dikeluarkan dan kesempatan memperoleh penghasilan selama proses investasi. Dalam artian bahwa suatu sumber daya manusia harus dikembangan secara terencana sehingga sebuah organisasi dapat mendapatkan ekuntungna dalam proses penyediaan sumber daya manusia, seperti : pendidikan dan peatihan karyawan.

Artikel selengkapnya bisa dibaca di sini : SUPPLY PLANNING

 
Comments Off on Supply Planning

Posted in Perencanaan dan Pengembangan SDM

 

Kekuasaan dan Pengaruh kel.4

22 Oct

Kekuasaan adalah sebuah kekuatan yang dimiliki oleh seseorang ataupun kelompok yang bertujuan untuk menggerakkan orang-orang di sekitarnya guna mencapai tujuan yang telah dicanankan sebelumnya. Akibat dari kekuasaan yang ada ini adalah menimbulkan pengaruh-pengaruh yang mungkin timbul dan terjadi serta dampaknya terhadap oarang-orang disekitarnya.

Dewasa ini, banyak orang yang berkuasa serta mampu mempengaruhi orang disekitarnya dengan sangat dominan. Namun, masalahnya disini apakah orang yang berkuasa tersebut mampu menggunakan kekuasaannya dengan bijak agar dapat menimbulkan pengaruh-pengaruh yang positif di sekelilingnya.

Sebagai seorang mahasiswa dan calon pemimpin masa depan, sangat penting bagi kami untuk mempelajari, merenungkan dn mempraktikkan kekuassan yang mungkin kita dapatkan dan pengarung-pengaruh apa saja yang akan timbul. Kita tidak bisa mengesampingkan efek-efek apa saja yang timbul karena efek tersebut berdampak langsung dengan kepentingan orang banyak dan menibulkan perspektif yang beragam di dalamnya.

Makalah selengkapnya bisa dibaca di sini: Kekuasaan dan Pengaruh Kel. 4

 
Comments Off on Kekuasaan dan Pengaruh kel.4

Posted in Kepemimpinan

 

Kekuasaan dan Pengaruh Kel. 5

22 Oct

Teori yang dikemukakan oleh French dan Raven (1959) menyatakan bahwa kepemimpinan bersumber pada kekuasaan dalam satu kelompok atau organisasi. Dengan perkataan lain, seseorang atau orang-orang yang memiliki akses terhadap sumber kekuasaan dalam suatu kelompok atau organisasi tertentu akan mengendalikan atau memimpin kelompok atau organisasi itu.

Pengaruh merupakan bagian terpenting dalam pelaksanaan kepemimpinan, dan konsep kepemimpinan ini selalu berhubungan dalam sebuah organisasi. Karena jika tidak ada suatu organisasi maka sudah pasti tidak ada yang namanya pemimpi. Jadi dalam hal ini kepemimpinan, pengaruh dan politik saling berhubungan. Dapat dikatakan kalau politik merupakan bagian dari perjalanan suatu konsep kepemimpinan. Politik dalam suatu organisasi merupakan sesuatu yang sulit dihindarkan tatkala organisasi terdiri dari 2 atau lebih

Politik tidak sama dengan kekuasaan dan pengaruh. Kekuasaan mengekspresikan kapasitas individu untuk secara sengaja menimbulkan dampak pada orang lain, pengaruh adalah kemampuan membuat orang menuruti kehendak pemberi pengaruh. Sedangkan politik mendasarkan pada kekuasaan, dan kekuasaan tidak mendistribusikan secara merata dalam organisasi

Makalah selengkapnya bisa dibaca di sini: Kekuasaan dan Pengaruh Kel. 5

 

 
Comments Off on Kekuasaan dan Pengaruh Kel. 5

Posted in Kepemimpinan

 

Hubungan Industrial Pergerakan Buruh

17 Oct

Dari sejak dulu hingga sekarang ini, peran dari seorang buruh seringkali dikesampingkan dan dianggap tidak penting. Padahal, jika dilihat dari nilai historisnya buruh memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembangunan perekonomian negara khususnya di sektor industri.

Tanpa buruh, tidak mungkin proses produksi bisa berjalan dan menghasilkan devisa atau keuntungan bagi negara.Hal itu yang sangat disayangkan, pengabdian mereka selama ini tidak sebanding dengan apa yang mereka dapatkan. Karena pemerintah lebih mementingkan kepentingan kaum pemilik modal daripada kepentingan buruh itu sendiri.

Hal tersebut semakin diperparah dengan sistem kapitalis yang diterapkan di Indonesia saat ini hanya menempatkan buruh sebagai salah satu unsur dari proses produksi, bukan sebagai faktor utama dalam proses ekonomi. Kondisi seperti inilah yang membuat para buruh tidak mendapatkan jalan lain melainkan dengan jalan mogok kerja dan aksi protes.

Makalah selengkapnya bisa dibaca di sini:

Makalah Hubungan Industrial Pergerakan Buruh (pdf) , (PowerPoint)

 
Comments Off on Hubungan Industrial Pergerakan Buruh

Posted in Hubungan Industrial