RSS
 

Kekuasaan dan Pengaruh kel.4

22 Oct

Kekuasaan adalah sebuah kekuatan yang dimiliki oleh seseorang ataupun kelompok yang bertujuan untuk menggerakkan orang-orang di sekitarnya guna mencapai tujuan yang telah dicanankan sebelumnya. Akibat dari kekuasaan yang ada ini adalah menimbulkan pengaruh-pengaruh yang mungkin timbul dan terjadi serta dampaknya terhadap oarang-orang disekitarnya.

Dewasa ini, banyak orang yang berkuasa serta mampu mempengaruhi orang disekitarnya dengan sangat dominan. Namun, masalahnya disini apakah orang yang berkuasa tersebut mampu menggunakan kekuasaannya dengan bijak agar dapat menimbulkan pengaruh-pengaruh yang positif di sekelilingnya.

Sebagai seorang mahasiswa dan calon pemimpin masa depan, sangat penting bagi kami untuk mempelajari, merenungkan dn mempraktikkan kekuassan yang mungkin kita dapatkan dan pengarung-pengaruh apa saja yang akan timbul. Kita tidak bisa mengesampingkan efek-efek apa saja yang timbul karena efek tersebut berdampak langsung dengan kepentingan orang banyak dan menibulkan perspektif yang beragam di dalamnya.

Makalah selengkapnya bisa dibaca di sini: Kekuasaan dan Pengaruh Kel. 4

 
 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*

 
  1. Rizky+Redita

    October 24, 2014 at 3:33 pm

    tes komen

     
  2. andri tri cahya

    October 29, 2014 at 1:37 pm

    Nama : Andri Tri Cahya
    Nim : 125030801111001

    Konsepsi mengenai kepemimpinan tidak bisa dilepaskan dari kemampuan, kewibawaan, dan kekuasaan. Seorang pemimpin, karena status dan tugas-tugasnya pasti mempunyai kekuasaan. Kekuasaan merupakan kapasitas untuk mempengaruhi secara unilateral sikap dan perilaku orang ke arah yang diinginkan (Gary Yukl,1996: 183).
    Kekuasaan dan pengaruh mempunyai hubungan yang sangat erat. Yaitu apabila seseorang mempunyai kekuasaan maka dia dapat mempengaruhi pihak lain untuk menjalankan kehendaknya, seperti apa yang diinginkan oleh “penguasa” tersebut dan “pengaruh” apa yang mungkin timbul. Pengaruh disini dapat berbeda reaksinya tergantung dari seberapa kuat dan seberapa besar yang dimiliki oleh semorang pemimpin. Misalnya saja pemimpin diktaktor pengaruhnya akan berbeda dengan seorang pemimpin yang memakai sistem demokrasi. Cara membereikan reaksi atau respon berbeda – beda menurut studi telah mengidentifikasi bahwa kategori perilaku mempengaruhi yang proaktif yang disebut sebagai taktik mempengaruhi, antara lain:Pesuasi rasional, Permintaan inspirasional, Konsultasi, Menjilat, Permintaan abadi,Pertukaran, Taktik koalisi, Taktik pengesahan, Menekankan.

     
  3. SEPTIOFERA+ERESUS+P.

    November 12, 2014 at 6:50 pm

    SEPTIOFERA ERESUS P.
    125030807111003
    BISNIS PARIWISATA (B). KEPEMIMPINAN.
    Dari makalah diatas, saya memiliki pandangan bahwa kekuasaan adalah dimana seseorang pada suatu tempat/organisasi/perusahaan memiliki kuasa atas jabatannya. Jadi kekuasaan seseorang hanya berlaku pada jabatannya saja, ketika seorang tersebut sudah tidak memiliki jabatan maka kekuasaan atas bawahan/staff secara otomatis hilang.
    Pengaruh adalah seorang yang dengan gaya, sikap, tutur kata, keahlian, kemampuan yang dimilikitersebut mampu memberi kesan positif terhadap orang lain yang dipengaruhi. Sebabnya adalah pembawaan dari seorang yang memberi pengaruh terhadap orang lain yang dipengaruhi tersebut mampu menghipnotis yang dipengaruhi. Intinya kekuasaan ialah wewenang karena jabatannya. sedangkan pengaruh ialah tanpa memiliki jabatan, orang lain mampu/mau melakukan hal yang dikatakannya.

     
  4. Fiki+Nurrohman

    November 13, 2014 at 5:56 am

    Nama : Fiki Nurrohman
    NIM : 125030801111002
    Kelas : Bisnis Pariwisata B ( Kepemimpinan )

    Dari paparan mengenai materi kekuasan dan pengaruh di atas dapat disimpulkan bahwa kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau sekelompok manusia untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang atau kelompok lain sedemikian rupa, sehingga tingkah laku itu menjadi sesuai dengan keinginan dan tujuan dari orang yang mempunyai kekuasaan itu.
    Sedangkan pengaruh adalah hasil dari sikap yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dikarenakan seseorang atau kelompok tersebut telah melakukan dan menjalankan kewajibannya terhadap pihak memintanya untuk menjalankan kewajiban tersebut. Oleh karena itu, kekuasaan dan pengaruh mempunyai hubungan yang sangat erat. Yaitu apabila seseorang mempunyai kekuasaan maka dia dapat mempengaruhi pihak lain untuk menjalankan kehendaknya, seperti apa yang diinginkan oleh “penguasa” tersebut dan “pengaruh” apa yang mungkin timbul.
    Adapun berbagai perilaku yang digunakan untuk mempengaruhi dapat dijadikan jembatan bagi pendekatan kekuasaan dan pendekatan perilaku mengenai kepemimpinan, antara lain: pesuasi rasional, permintaan inspirasional, konsultasi, menjilat, permintaan abadi, pertukaran, taktik koalisi, taktik pengesahan, menekankan.
    Hasil dari proses mempengaruhi, juga mempunyai efek umpan balik terhadap perilaku pemimpin. Selain itu, dampak kekuasaan pemimpin pada dasarnya tergntung pada apa yang dilakukan pemimpin dalam mempengaruhi orang yang di pimpin. Dengan demikian, hasil dari usaha mempengaruhi merupakan akumulasi dari keterampilan mempengaruhi, perilaku mempengaruhi dan kekuasaan pemimpin.

     
  5. Muhammad Fahrizal Anwar

    November 13, 2014 at 3:06 pm

    Muhammad Fahrizal Anwar
    125030802111004
    Bisnis Pariwisata B
    KEPEMIMPINAN

    Kekuasaan dan pengaruh berhubungan erat dengan kepemimpinan, dimana seorang pemimpin harus mampu untuk memberikan pengaruh kepada bawahanya. Orang yang memiliki kekuasaan berarti orang tersebut memiliki jabatan di suatu organisasi. Kekuasaan di dalam organisasi banyak di lakukan oleh seorang manager. Tujuanya agar manager tersebut mampu untuk menjalankan visi misi perusahaan. Dengan kekuasaan secara otomatis bisa mempengaruhi bawahanya agar mampu menjalankan pemikiran manager. Berbeda dengan seprang pemimpin, ruang lungkup seorang pemimpin tidak harus di organisasi formal, di informal pun seorang pemimpin akan tetap memiliki kekuasaan, kekuasaan dalam hal mempengaruhi bawahanya agar bisa mengerti apa yg di harapkan pemimpin tersebut. Kita mesti tau seorang pemimpin memiliki pemikiran yang strategis dan inovatif. Itu lah kehebatan seorang pemimpin

     
  6. Bayu Catur Abadi

    November 23, 2014 at 11:17 pm

    Nama : Bayu Catur Abadi
    Nim : 125030807111012

    Dari makalah diatas, dijelaskan bahwa kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau sekelompok manusia untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang atau kelompok lain sedemikian rupa, sehingga tingkah laku itu menjadi sesuai dengan keinginan dan tujuan dari orang yang mempunyai kekuasaan itu. Sedangkan pengaruh adalah adalah hasil dari sikap yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dikarenakan seseorang atau kelompok tersebut telah melakukan dan menjalankan kewajibannya terhadap pihak memintanya untuk menjalankan kewajiban tersebut. Adapun kategori teknik mempengaruhi antara lain : Pesuasi rasional, Permintaan inspirasional, Konsultasi, Menjilat, Permintaan abadi, Pertukaran, Taktik koalisi, Taktik pengesahan, Menekankan.Dengan itu mendapatkan hasil dari usaha mempengaruhi merupakan akumulasi dari keterampilan mempengaruhi, perilaku mempengaruhi dan kekuasaan pemimpin. Jadi kekuasaan dan pengaruh mempunyai hubungan yangsangat erat. Yaitu apabila seseorang mempunyai kekuasaan maka dia dapat mempengaruhi pihak lain untuk menjalankan kehendaknya, seperti apa yang diinginkan oleh “penguasa” tersebut dan “pengaruh” apa yang mungkin timbul.

     
  7. Enne+Molika

    November 23, 2014 at 11:21 pm

    Enne Molika
    125030807111004
    Bisnis Pariwisata B

    menurut saya kekuasaan memiliki hubungan erat dengan pengaruh. karena seorang pemimpin memiki keuasaan yang sangat cukup untuk mempengaruhi bawahan. apabila dia tidak mempunyai kekuasaan mungkin dia tidak dapat mempengaruhi bawahannya. pengaruh juga memiliki umpan balik terhadap perilaku pemimpin, karena apabila pemimpin memberikan pengaruh namun perilakunya tidak dapat sesuai dengan apa yang dia pengaruhi ke bawahannya ini berarti pemimpin tersebut tidak dapat memberikan pengaruh meskipun pemimpin tersebut mempunyai kekuasaan untuk mempengaruhi. intinya hasil dari usaha mempengaruhi merupakan akumulasi dari keterampilan mempengaruhi, perilaku mempengaruhi dan kekuasaan pemimpin.