RSS
 

Archive for October, 2015

Kisi-kisi UTS Genap 2015

24 Oct

A. Hubungan Industrial

  1. Menjelaskan pengertian hubungan industrial, dan pentingnya hubungan industrial bagi perusahaan
  2. Menjelaskan pendekatan Hubungan Industrial
  3. Hubungan Industrial Pancasila dan bagaimana peran HubunganIndustrial Pancasila bagi perusahaan
  4. Teori –teori berkaitan dengan Hubungan Industrial
  5. Peran pemerintah dalam Hubungan Industrial,

B. Kepemimpinan

  1. Menjelaskan perbedaan mendasar antara manajer dan pemimpin.
  2. Pendekatan Kepemimpinan
  3. Gaya Kepemimpinan dan Tingkat Kematangan Bawahan
  4. Beberapa teori berkaitan asumsi dasar mengenai sifat manusia
  5. Gkurve Gaya Kepemimpinan menurut Paul Hersey dan Kent Blancard.

C. Perencanaan dan Pengembangan SDM

  1. Menjelaskan tentan konsep Perencanaan SDM, dan peran perencanaanSDM bagai efektivitas Manajemen
  2. Faktor-faktor yang mempengaruhi Perencanaan SDM.
  3. Permintaan dan Penawaran SDM dan indikatornya.
  4. Menjelaskan peran manajer dalam mendesain perencanaan SDM
  5. Yang bertanggungjawan dalam merencanakan SDM?Selamat Belajar
 
Comments Off on Kisi-kisi UTS Genap 2015

Posted in Ujian/Kisi-kisi

 

PENDEKATAN DALAM STUDI KEPEMIMPINAN

19 Oct

PENDEKATAN DALAM STUDI KEPEMIMPINAN

C. Pendekatan Perilaku

Menurut Rewansyah (2011: 126) pendekatan ini menitik beratkan kepada apa yang dikerjakan oleh seseorang pemimpin, atau mempelajari tingkah lakunya dalam menyikapi tuntutan situasi, termasuk harapan bawahan, pandangannya sendiri dan harapan pribadinya serta dengan cara menggunakan kepandaiannya dan pengalamannya .

Studi kepemimpinan dari lowa (Ronald Lippit & Ralp K. White) meneliti tingkah laku pemimpin dan mendapatkan tiga jenis tingkah laku yaitu (Rewansyah, 2011: 126):

  1. Tingkah laku otokrasi (Autocratic) yang lebih menekankan kepada tugas tanpa memandang manusiannya.
  2. Tingkah laku demokratis (Democratic) lebih cenderung kepada hubungan antar manusia.
  3. Tingkah laku tanpa kendali (Leizefires) yang cenderung memberi kebebasan kepada karyawan tanpa batas untuk melakukan apa yang diinginkan. Tidak ada kebijakan atas prosedur yang di tetapkan. Tidak seorangpun berusaha mempengaruhi orang lain,  sehingga tidak tampak suasana formal.

selngkapnya: Pendekatan dalam studi kepemimpinan (perilaku,situasional)

 
Comments Off on PENDEKATAN DALAM STUDI KEPEMIMPINAN

Posted in Kepemimpinan

 

Supply Planning

19 Oct

Didalam manajemen sumber daya manusia salah satu yang dibahas ialah perencanaan penyediaan sumber daya manusia manfaat adanya perencanaan peyediaan sumber daya manusia agar kebutuhan yang diharapkan terhadap sumber daya manusia yang diharapkan berjalan dengan efisen dan efektif. Dalam penyediaan perencaan sumber daya manusia memerlukan dalam sebuah organisasi atau perusahaan membutuhkan perencanaan yang matang dari segi opersional , produksi , distribusi , dll.

Perencanaan sumber daya manusia memiliki manfaat yang banyak salah satunya ialah menetapkan posisi , jabatan  tenaga kerja sesuai dengan skill dan ilmu yang dimiliki pekerja tersebut. Seorang yang akan atau yang telah bekerja pasti memiliki keputusan – keputusan bekerja yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti halnya upah dan manfaat pekerjaan itu sendiri. Sehingga ini merupakan faktor yang penting bagi perusahaan dalam operasional perusahaan yang dijadikan sebgai investasi perusahaan.

  1. 1.      Pengertian supply planning

Supply Planning adalah rencana manajemen perusahaan untuk mendapatkan calon karyawan, yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan manajemen demi memajukan perusahaan.

Pengadaan atau penyediaan sumber daya manusia ialah proses atau langkah – langkah yang ditetapkan oleh perusahaan dalam merekrut pekerja sesuai jumlah , skill , dan kompeten pekerja sesuai dengan yang diharapkan perusahaan.

Proses atau langkah – langkah yag diambil perusahaan dalam penyediaan sumber daya manusia memiliki perencanaan guna untuk berjalan dengan terstrukur dan mencapai tujuan yang diharpkan perusahaan. Perencanaan tenaga kerja ialah serangkain proses atau langkah – langkah yang diambil perusahaan ( manajemen ) dalam merekrut pekerja untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan atau operasional perusahaan dalam jangka waktu yang lama

selengkapnya: supply planning

 
Comments Off on Supply Planning

Posted in Perencanaan dan Pengembangan SDM

 

PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA

12 Oct

Perencanaan sumber daya manusia merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi permintaan-permintaan bisnis dan lingkungan pada organisasi di waktu yang akan datang dan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tenaga kerja yang ditimbulkan oleh kondisi kondisi tersebut. pandangan umum ini mengandung arti bahwa ada empat kegiatan yang saling berhubungan, yang membentuk sistem perencanaan sumber daya manusia yang terpadu (integrated): persediaan sumber daya manusia sekarang,peramalan (forecast) suplai dan permintaan sumber daya manusia, rencana-rencana untuk memperbesar jumlah individu-individu yang “qualified”, dan berbagai prosedur pengawasan dan evaluasi untuk memberikan umpan balik kepada sistem.

Secara lebih sempit, perencanaan sumberdaya manusia berarti mengestimasi secara sistematik permintaan (kebutuhan) dan suplai tenaga kerja organisasi di waktu yang akan datang. Ini memungkinkan departemen personalia dapat menyediakan tenaga kerja secara lebih tepat sesuai dengan kebutuhan organisasi. Idealnya, organisasi harus mengindentifikasi baik kebutuhan-kebutuhan personalia jangka pendek maupun jangka panjang melalui perencanaan. Rencana-rencana jangka pendek menunjukan berbagai kebutuhan tenaga kerja yang harus dipenuhi selama satu tahun yang akan datan. Sedangkan rencana-rencana jangka panjang mengestimasi situasi sumber daya manusia untuk dua,lima, atau kadang-kadang sepuluh tahun yang akan datang.

selengkapnya: PERENCAAN SDM

 
Comments Off on PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA

Posted in Perencanaan dan Pengembangan SDM

 

KONSEP KEPEMIMPINAN

07 Oct

Sebuah Konsep Kepemimpinan salah satu hal penting untuk dipelajari dalam materi kepemimpinan . Dimana kita akan mempelajari konsep dasar dari kepemimpinan itu sendiri .

Dalam mempelajari konsep kepemimpinan kita akan mempelajari dan mengerti serta memahami sebuah arti atau definisi kepemimpinan dalam konteks organisasi . Bukan dalam hal itu saja , di dalam konsep kepemimpinan kita dapat mempelajari juga perbedaan leader dan manager .

Selain itu kita juga akan mengetahui , memahami , dan mengerti tentang fungsi pemimpin itu sendiri . Dimana dalam kehidupan sehari haripun kita seharusnya mengetahui fungsi dari pemimpin itu sendiri .

Dan yang terakhir mempelajari dan mengetahui tentang bagaimana membangun visi dan intuisi seorang pemimpin . Jadi kita mengetahui bagaimana cara membangun itu semua .

Jadi sangat penting dan berguna kita mempelajari , mengerti dan memahami konsep kepemimpinan itu sendiri yang meliputi membahas definisi kepemimpinan dan pemimpin dalam konteks organisasi , perbedaan perbedaan leader dan manager , fungsi dari pemimpin , dan bagaimana membangun visi dan intuisi pemimpin .

selengkapnya: KEPEMIMPINA N KELOMPOK 1 (1)

 
Comments Off on KONSEP KEPEMIMPINAN

Posted in Kepemimpinan

 

PENDEKATAN SITUASIONAL TERHADAP PERILAKU PEMIMPIN

07 Oct

Kepemimpinan, apa itu kepemimpinan ? kepemimpinan adalah sebuah kata yang sering kita ucapkan. Namun apakah pengetian dari kepemimpinan yang sebenarnya ? banyak orang menganggap pemimpin sama dengan manajer yang ada di perusahaan besar. Namun ternyata hal tersebut kurang tepat, karena kepemimpinan merupakan suatu sikap yang dipilih oleh orang yang mau merubah kepribadiannya menjadi sosok pemimpin untuk para pengikutnya. Kepemimpinan adalah sebuah keputusan dan hasil dari proses perubahan karakter atau dalam diri seseorang. Kepemimpinan bukanlah jabatan atau gelar, melainkan sebuah kelahiran dari proses panjang perubahan dalam diri seseorang. Kepemimpinan sejati didapatkan dengan proses yang cukup panjang. Menurut Tjiptono (2006:161) gaya kepemimpinan adalah suatu cara yang digunakan pemimpin dalam berinteraksi dengan bawahannya.

Banyak orang mengatakan bahwa seorang pemimpin hanya lahir dari seorang pemimpin, namun seiring dengan perkembangan jaman, pemimpin tidak hanya dilahirkan, namun dibentuk, dibuat dan siapapun memiliki hak yang sama untuk menjadi seorang pemimpin. Pemimpin yang baik sangat dibutuhkan bangsa kita saat ini. Oleh karena itu dalam pokok bahasan ini akan dibahas mengenai pendekatan situasional terhadap perilaku pemimpin. Dengan harapan nantinya akan diketahui bagaimana pendekatan situasional berpengaruh terhadap perilaku pemimpin.

selengkapnya: KEPEMIMPINAN SITUASIONAL

 
Comments Off on PENDEKATAN SITUASIONAL TERHADAP PERILAKU PEMIMPIN

Posted in Kepemimpinan

 

Konsep dan Peran Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

06 Oct

Perencanaan merupakan fungsi pertama dari fungsi-fungsi manajemen, diterapkan pada berbagai bidang termasuk manajemen sumber daya manusia. Tujuan fungsi ini adalah untuk mengurangi ketidakpastian dalam pengelolaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan perusahaan. Fungsi ini berkaitan dengan bidang-bidang manajemen lainnya, seperti manajemen produksi, pemasaran, keuangan, dan sumber daya  manusia. Semua bidang manajemen terlebih dahulu melaksanakan kegiatan perencanaan sebelum melaksanakan kegiatan-kegiatan lainnya.

Berkaitan dengan itu, sumber daya manusia merupakan sumber daya yang menentukan daya saing suatu perusahaan, oleh karena itu perlu pengelolaan yang serius atas sumber daya manusi ini. Suatu strategi kompetitif atas suatu perusahaan yang diperoleh dari masukan sumber daya manusia merupakan suatu proses dari analisis dan identifikasi terhadap kebutuhan dan tersedianya sumber daya manusia di pasar tenaga kerja. Pengertian ini menunjukan bagaimana sumber daya manusi diperoleh berdasarkan analisis pekerjaan yang telah dibuat, kemudian menyesuaikannya dengan kondisi yang ada di pasar tenaga kerja. Selengkapnya ada di MAkalah ppsdm

 
Comments Off on Konsep dan Peran Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Posted in Perencanaan dan Pengembangan SDM