RSS
 

PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA

12 Oct

Perencanaan sumber daya manusia merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi permintaan-permintaan bisnis dan lingkungan pada organisasi di waktu yang akan datang dan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tenaga kerja yang ditimbulkan oleh kondisi kondisi tersebut. pandangan umum ini mengandung arti bahwa ada empat kegiatan yang saling berhubungan, yang membentuk sistem perencanaan sumber daya manusia yang terpadu (integrated): persediaan sumber daya manusia sekarang,peramalan (forecast) suplai dan permintaan sumber daya manusia, rencana-rencana untuk memperbesar jumlah individu-individu yang “qualified”, dan berbagai prosedur pengawasan dan evaluasi untuk memberikan umpan balik kepada sistem.

Secara lebih sempit, perencanaan sumberdaya manusia berarti mengestimasi secara sistematik permintaan (kebutuhan) dan suplai tenaga kerja organisasi di waktu yang akan datang. Ini memungkinkan departemen personalia dapat menyediakan tenaga kerja secara lebih tepat sesuai dengan kebutuhan organisasi. Idealnya, organisasi harus mengindentifikasi baik kebutuhan-kebutuhan personalia jangka pendek maupun jangka panjang melalui perencanaan. Rencana-rencana jangka pendek menunjukan berbagai kebutuhan tenaga kerja yang harus dipenuhi selama satu tahun yang akan datan. Sedangkan rencana-rencana jangka panjang mengestimasi situasi sumber daya manusia untuk dua,lima, atau kadang-kadang sepuluh tahun yang akan datang.

selengkapnya: PERENCAAN SDM

 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*

 
  1. Debora Hasugian

    October 12, 2015 at 11:27 pm

    Persoalan yg dihadapi dlm perencanaan SDM dlm pengembangan dan implementasinya dari strategi SDM dapat dikelompokkan menjadi 4 permasalahan (Rothwell 1995) salah satunya point 1; Perencanaan menjadi suatu problema yg dirasa tidak bermanfaat karena adanya perubahan pada lingkungan eksternal, meskipun nampak adanya peningkatan kebutuhan bagi perusahaan..Yg ingin saya tanyakan disini perubahan seperti apa yg terjadi, lalu jika bisa diberikan contoh realnya pada permasalahan point ke 1. Trimakasih