RSS
 

PENDEKATAN DALAM STUDI KEPEMIMPINAN

19 Oct

PENDEKATAN DALAM STUDI KEPEMIMPINAN

C. Pendekatan Perilaku

Menurut Rewansyah (2011: 126) pendekatan ini menitik beratkan kepada apa yang dikerjakan oleh seseorang pemimpin, atau mempelajari tingkah lakunya dalam menyikapi tuntutan situasi, termasuk harapan bawahan, pandangannya sendiri dan harapan pribadinya serta dengan cara menggunakan kepandaiannya dan pengalamannya .

Studi kepemimpinan dari lowa (Ronald Lippit & Ralp K. White) meneliti tingkah laku pemimpin dan mendapatkan tiga jenis tingkah laku yaitu (Rewansyah, 2011: 126):

  1. Tingkah laku otokrasi (Autocratic) yang lebih menekankan kepada tugas tanpa memandang manusiannya.
  2. Tingkah laku demokratis (Democratic) lebih cenderung kepada hubungan antar manusia.
  3. Tingkah laku tanpa kendali (Leizefires) yang cenderung memberi kebebasan kepada karyawan tanpa batas untuk melakukan apa yang diinginkan. Tidak ada kebijakan atas prosedur yang di tetapkan. Tidak seorangpun berusaha mempengaruhi orang lain,  sehingga tidak tampak suasana formal.

selngkapnya: Pendekatan dalam studi kepemimpinan (perilaku,situasional)

 
 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*

 
  1. wisata+Komodo+Flores

    October 19, 2015 at 2:06 pm

    Ini berguna baik bagi mahasiswa maupun masyarakat umum karena memang masih banyak tipe kepemimpinan yang belum memenuhi hal hal yang di inginkan oleh bawahan terutama perusahan perusahan kecil dan menengah. Ini sehaurnya diperbaiki demi tim yang solid untuk membangun usaha yang kuat dan berkompoten dibidangnya.