RSS
 

Archive for November, 2014

Kisi-kisi UTS adm.Pendidikan dan Teknologi Pendidikan D4 Reguler, Progsus, WHN

30 Nov

Teknologi Pendidikan:

  1. Pengertian dan ruang lingkup Administrasi Pendidikan
  2.  Perbedaan antara Administrasi dengan Manajemen.
  3. Pengertian kepemimpinan, pemimpin, dan kepemimpinan dalam Pendidikan. Perbedaan antara Pemimpin dan manajer.
  4. Pengertian Supervisi dalam adminitrasi pendidikan dan variabel-variabel  yang perlu di supervisi  subyek supervisor dan tujuan supervisi.

Administrasi Pendidikan:

  1. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan agar belajar-mengajar dapat berjalan sesuai yang direncanakan
  2. Penjelasan ringkas tentang:Pengertian Belajar,  Pengertian Pembelajaran, Ciri-ciri Belajar, Cara Belajar Efektif
  3. Menjelaskan tentang ranah pembelajaran, antara lain kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta tujuan masing-masing.

 
Comments Off on Kisi-kisi UTS adm.Pendidikan dan Teknologi Pendidikan D4 Reguler, Progsus, WHN

Posted in Ujian/Kisi-kisi

 

Pengembangan Sumber Daya Manusia

28 Nov

Pada hakekatnya pengembangan sumber daya manusia mempunyai dimensi luas yang bertujuan meningkatkan potensi yang dimiliki oleh sumber daya manusia, sebagai upaya meingkatkan profesionalisme dalam organisasi (Wayne dan Awad, 1981:29). Pengembangan sumber daya manusia yang terarah dan terencana disertai pengelolahan yang baik akan menghemat sumber daya lainnya atau setidak-tidaknya pengolahan dan pemakaian sumber daya organisasi dapat berdaya guna dan berhasil guna.

            Pengembangan sumber daya manusia merupakan keharusan mutlak bagi suatu organisasi dalam menghadapi tuntutan tugas sekarang maupun dan terutama untuk menjawab tantangan masa depan (Siagian, 1996:182). Kondisi “Conditio Sine Quanon” ini dapat dikategorikan sebagai bentuk investasi yaitu Human Investasi.meskipun program orientasi pengembangan ini memakan waktu dan dana, semua organisasi mempunyai keharusan untuk melaksanakannya, dan menyebut biaya-biaya untuk berbagai program tersebut sebagai investasi dalam sumber daya manusia.

Makalah selengkapnya bisa dibaca di sini: PPSDM-kel 6

 
Comments Off on Pengembangan Sumber Daya Manusia

Posted in Perencanaan dan Pengembangan SDM

 

Seleksi dan Penempatan Sumber Daya Manusia

26 Nov

Manajemen sumber daya manusia merupakan modal utama dalam dalam kelangsungan hidup sebuah organisasi. Namun keberadaannya tidak berdiri sendiri, tetapi berangkai satu dengan yang lain. Salah satu pendukung dalam manajemen sumberdaya manusia adalah proses seleksi dan penempatan.

Seleksi merupakan bagian dari program pengadaan karyawan, dimana seleksi dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan karyawan berdasarkan jumlah dan susunan pangkat yang ada dalam suatu perusahaan. Seleksi karyawan merupakan sarana bagi perusahaan untuk memperoleh tenaga kerja yang berkompetensi tinggi, berkualitas, dan berkomitmen tinggi kepada perusahaan. Proses seleksi adalah pusat keberhasilan manajemen sumber daya manusia dan perusahaan, karena kegagalan dalam proses seleksi berarti kegagalan suatu organisasi untuk mencapai tujuannya.

Makalah selengkapnya bisa dibaca di sini: Kelompok 6 Seleksi dan Penempatan SDM

 
Comments Off on Seleksi dan Penempatan Sumber Daya Manusia

Posted in Seminar SDM

 

Perjanjian Kerja

21 Nov

Dewasa ini Hubungan kerja merupakan suatu fenomena yang banyak menyita perhatian berbagai pihak di negri atau dunia ini. Sering kita dengar tentang masalah dunia ketanaga kerjaan di lingkungan kita ini. Dimana hal ini sangatlah dipengaruhi pula oleh perjanjian kerja. Perjanjian kerja menurut UU No 13 Tahun 2003 adalah perjanjian antara pekerja atau buruh dengan perusahaan atau pemberi kerja yang termuat syarat-syarat hak dan kewajiban para pihak. Perjanjian kerja pada dasarnya dibuat untuk mencegah terjadinya perselisihan atau sengketa yang dapat terjadi antara para pihak yang terlibat dalam suatu hubungan kerja yakni pihak pertama (perusahaan) dan pihak kedua (karyawan).

Makalah selengkapnya bisa dibaca di sini : makalah HI

 
Comments Off on Perjanjian Kerja

Posted in Hubungan Industrial

 

Tugas Mata Kuliah Perencanaan dan Pengembangan SDM

21 Nov

Tugas Mata Kuliah Perencanaan dan Pengembangan SDM dapat diposting di commets berikut:

 
Comments Off on Tugas Mata Kuliah Perencanaan dan Pengembangan SDM

Posted in Perencanaan dan Pengembangan SDM

 

Kepemimpinan dalam Adm.Pendidikan

19 Nov

Kepemimpinan dalam Adm Pendidikan

 
Comments Off on Kepemimpinan dalam Adm.Pendidikan

Posted in Administrasi dan Teknologi Pendidikan

 

Administrasi sebagai proses Manajemen (pendidikan)

19 Nov

ADM.SEBAGAI PROSES MANAJEMEN (PENDIDIKAN)

Administrasi sebagai Poses Manajemen (pendidikan)

 
Comments Off on Administrasi sebagai proses Manajemen (pendidikan)

Posted in Administrasi Pendidikan

 

PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN

18 Nov

LATAR BELAKANG

Peran manajemen sumber daya manusia sangat menentukan bagi terwujudnya organisasi, tetapi untuk memimpin manusia merupakan hal yang cukup sulit. Karyawan selain diharapkan mampu, cakap dan terampil juga hendaknya berkemauan dan mempunyai kesungguhan untuk bekerja efektif dan efisien.

Kemampuan dan kecakapan akan kurang berarti jika tidak diikuti oleh moral kerja dan kedisiplinan karyawan dalam mewujudkan tujuan. Usaha mewujudkan semua itu, dibutuhkan peningkatan sumber daya manusia sebagai perencana dan pelaksana dalam organisasi, salah satunya adalah maelalui kegiatan pendidikan dan pelatihan. Karena itu tujuan dari pendidikan dan pelatihan adalah menambah kecakapan dan kemampuan karyawan untuk permintaan jabatan serta dengan program tersebut diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja karyawan dalam mencapai sasaran-sasaran kerja yang telah ditetapkan (Handoko, 2008:103). Pendapat lain dikemukakan olek Simamora (2006:346) bahwa salah satu tujuan dari pendidikan dan pelatihan adalah meningkatkan kinerja karyawan.

Pendidikan dan pelatihan merupakan salah satu alat untuk menyesuaikan antara tugas dan pekerjaan dengan kemampuan, ketrampilan atau kecakapan dan keahlian dari setiap karyawan serta merupakan usaha untuk meningkatkan kinerja karyawan sebagai kegiatan pengenalan terhadap pekerjaan tertentu bagi yang bersangkutan. Baik tidaknya kinerja karyawan jelas akan mempengaruhi kestabilan sebuah organisasi dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.

Dalam makalah ini kami akan membahas sebuah studi kasus tentang “Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Gracia Semarang”. Berikut landasan teori yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas di dalam makalah ini.

READ MORE

 
Comments Off on PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Posted in Seminar SDM

 

Supervisi dalam Adm.Pendidikan

12 Nov

SUPERVISI DALAM ADMINISTRASI PENDIDIKAN

 

 
Comments Off on Supervisi dalam Adm.Pendidikan

Posted in Administrasi Pendidikan

 

Perencanaan Karier

12 Nov

Perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan dengan lancar.

Karier adalah urutan posisi yang terkait dengan pekerjaan yang diduduki seseorang sepanjang hidupnya. Orang-orang mengejar karier untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan individu secara mendalam. Pada satu waktu, mengidentifikasikan dengan satu pengusaha sudah cukup untuk memenuhi beberapa kebutuhan terssebut. Sekarang, batasan antara karier individual sebagaimana dipandang oleh organisasi dan karier sebagaimana dipandang oleh si individu menjadi sangat penting.

Perencanaan Karier adalah suatu perencanaan tentang kemungkinan-kemungkinan seseorang anggota organisasi sebagai perorangan untuk dapat meniti proses kenaikan pangkat dan jabatan sesuai dengan persyaratan dan kemampuannya.

Makalah selengkapnya bisa dibaca di sini : KELOMPOK 5 MSDM BAB 6 PPSDM PERENCANAAN KARIER

 
Comments Off on Perencanaan Karier

Posted in Perencanaan dan Pengembangan SDM, Seminar SDM