RSS
 

Archive for September, 2015

Perencanaan SDM

29 Sep

Teorisasi Kesetaran Kesempatan Kerja dan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM)
Kesetaraan kesempatan kerja merupakan hal yang penting, gunanya agar semua calon karyawan mendapatkan kesempatan kerja yang sama dalam menunjukan keahliannya. Sehingga perusahaan memiliki kesempatan yang lebih untuk mendapat karyawan yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan.
Kesamaan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan hingga tahun 1980-an dirasa amat sulit bagi para pekerja wanita. Terkdang pada saat inipun, beberapa perusahaan atau perbankan mensraratkan pada para pekerja wanita untuk tidak menikah atau terkadang bahkan tidak boleh hamil untuk beberapa saat. Beberapa industry berat seperti pertambangan, perminyakan juga sangat memperhatikan pada factor ini karena menyangkut keselamatan jiwa pekerjanya. Beberapa industry bahkan sebaliknya kaum pria sulit untuk berkarya pada industry yang membutuhkan keterampilan, kerapihan,ketelitian, dan kecantikan.

Selengkapnya ada di Makalah PERENCANAAN SDM

 
Comments Off on Perencanaan SDM

Posted in Perencanaan dan Pengembangan SDM

 

Konsep Kepemimpinan

28 Sep

 Latar Belakang

Jika berbicara tentang kepemimpinan, pertanyaan yang muncul pada umumnya adalah “apa yang membuat seorang pemimpin menjadi efektif?” Kemungkinan akan dijawab bahwa pemimpin yang efektif karena memiliki bakat atau kualitas tertentu yang diharapkan, misalnya kharisma, visioner, daya persuasi, dan intesitas. Kendati demikian, ratusan hasil peneliti tentang pemimpinan dan kepemimpinan gagal menbuktikan bahwa setiap bakat atau kualitas secara konsisten nberhubungan dengan kepemimpinan  yang efektif. Hasil-hasil penelitian tersebut belum banyak memberikan pengetahuan tentang apa yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang efektif dan apa yang dilakukan oleh pemimpin yang efektif.

Para pemimpin memainkan peranan yang sangat penting dalam membantu kelompok, organisasi, dan masyarakat dalam mencapai tujuan. Kemampuan kepemimpinan dan keterampilan dalam mengarahkan merupakan faktor penting dalam efektivitas manajer. Banyak organisasi yang tampaknya akan bangkrut seakan mendapatkan tenaga baru ketika direkturnya diganti. Jika dapat mengenali kualitas yang berkaitan dengan kepemimpinan, maka kemampuan untuk memilih pemimpin yang efektif bertambah.

selengkapnya: KONSEP KEPEMIMPINAN KELOMPOK 1

 
Comments Off on Konsep Kepemimpinan

Posted in Kepemimpinan