RSS
 

Archive for June, 2014

Take Home Exam UAS ” Seminar Manajemen SDM Internasional” ’14

23 Jun

Petunjuk Mengerjakan Soal:

Peserta Ujian dipersilakah menyelesaikan soal, dengan 2 (dua) bentuk jawaban. Jawaban pertama di posting di blog dengan menggunakan “comments” dan kedua,  berupa hard copy dikumpulkan di bag. Akademik, dikumpulkan paling lambat Kamis tanggal 26 Juni 2014 jam 15.00. wib dengan menandatangani presensi kehadirian yang telah disediakan.

Soal:

Perusahaan Saga Administrasi Corporation didirikan pada tahun 1940-an untuk memberikan pelayanan makanan  pada universitas dan lembaga lain. Oragnisasi dari perusahaan itu berdasarkan lini teritorial; para manajer pelayanan makan pada lembaga melapor kepada majer distrik yang sterusnya melapor kepada manjr regional. Wakil Presiden dari pelayanan makan, yang terletak di Menlo Park, California, bertanggung jawab bagi opersi pelayanan makanan dan mempunyai wewenag tertinggi untuk mengambil keputusan mengenai pelayanan makanan.

Perluasan yang cepat dari perusahaan itu menyebabkan kehebohan dalam cara kerja Saga. Filsafat dari ketua dewan pengurus mencerminkan filsafsat dari pendiri perusahaan; pada dasarnya filsafat itu menyatakan bahwa “Cara Saga” adalah untuk memakmurkan dengan memajukan dalam perusahaan rasa hormat bagi martabat tiap-tiap karyawan dan dengan merangsang jiwa wiraswasta. Para karyawan di seluruh organisasi harus diusahakan supaya mereka merasa mempunyai sumbangan kerja dan mereka harus mempunyai banyak inisiatif dan melakukan tindakan yang bebas. Manajemen puncak dari perusahaan mengetahui dari pengalaman bahwa manajer pelayanan makanan pada lembaga tertentu menghadapi persoalan khusus dan harus bersedia dan mampu mangambil keputusan. Tetapi kelihatannya filsafat ini telah hilang sejak periode perluasan. Semakin lama semakin nampak bagi manajemen puncak, bahwa para manjer di semua lini bawahan minta keputusan dari kantor pusat. Dilaksanakalah penelitian sikap dan penelitian itu menunjukkan bahwa para manajer memandang kantor pusat sebagai “Tuan Besar” yang selalu paling mengetahui segala-galanya.

Sebagai tanggapan atas pandangan mereka sendiri mengenai situasi dan hasil dari penelitian sikap, para eksekutif Saga bertemu dengan dua orang ahli Pengembangan Organisasi dari falkutas UCLA. Pertemuan itu merupakan langkah permulaan dalam penyusunan program Pengembangan Organisasi di Saga. Tetapi pada waktu itu belum ada pendapat yang sama menganai masalah apakah sebenarnya yang kurang beres dan apakah yang diperlukan untuk mengoreksinya. Para eksekutif hanya merasa bahwa diperlukan organisasi yang lebih efektif dan mereka ingin mengerjakan apa saja yang perlu untuk mengembangkannya.

Sebagai langkah pertama kelompok eksekutif menunjuk salah seorang dari anggota mereka sendiri untuk mengatur program itu. Tugasnya yang pertama adalah mendiagnosa persoalan dan kemudian memilih satu metode atau serangkaian metode yang cocok bagi Saga. Ia mengadakan pertemuan di seluruh negeri dengan para manajer dari semua jenjang hirarki. Fokus pertemuan itu adalah data dari penelitian sikap. Para pemimpin dirangsang untuk menyatakan tafsiran mereka mengenai arti dari sikap yang tercemin dalam data tersebut. Masalah-masalah tersebut. Masalah-masalah yang terus-menerus muncul dari pertemuan ini memusatkan perhatian pada perasaan terisolasi dan kespian. Para manajer pelayanan makanan pada lembaga –lembaga itu merasa bahwa mereka tidak lagi merupakan bagian dari organisasi. Kemarahan dan frustasi merupakan emosi yang menonjol. Para manajer pelayanan makanan di lembaga yang banyak bersuara menyatakan bahwa jika mereka itu melmapr keputusan ke atas, maka hal itu disebabkan karena kantor pusat menginginkan carai itu.

Direktur dari usaha Pengembangan Organisasi mendengarkan dengan saksama pembahasan-pembahasan pada pertemuan ini. Kelihatannya metode Pengembangan Organisasi harus memusatkan perhatian pada pembentukan mekanisme yang akan mengembalikan filsafat Saga dan membuat filsafat itu menjadi kenyataan di pekerjaan perusahaan. Diperlukan sebuah konsep, dan kelihatannya gagasan Likert mengenai pertautan team-team kerja yang satu dengan yang lain cocok bagi situasi Saga. Penyebaran geografis dari perusahaan itu memungkinkan pemikiran tentang tema dari para manajer pelayanan makanan dan manajer distrik mereka yang akan berfungsi sebagai kelompok pengambil keputusan. Tetapi pembentukan team ini memerlukan lebih dari hanya menyatakan bahwa team itu ada dan menentukan wewenang mereka. Diperlukan untuk mengembalikan kepercayaan dari para manajer dan kepercayaan dalam maksud baik dari manajemen puncak.

Program pembentukan team (team-buliding) jadi didefinisikan suatu metode untuk mengembangkan perilaku individu, kelompok, dan perilaku kelompok individual. Mekanisme dari program itu adalah sebagai berikut:

  1. Wakil Presiden dari pelayanan makan dan empat orang manjer daerah mula-mula bertemu dan mengahdapi masalah dan persoalan yang menyebabkan mereka tidak berfungsi secara efektif.
  2. Para manajer dareah bertemu denga manajer distrik mereka. Seperti pertemuan yang permulaan yang diadakan dengan wakil presiden, maka pertemuan ini menciptakaan suasana yang diperbaharui dengan penuh kepercayaan dan keyakinan. Kelompok mengahdapi persoalannya, komunikasi berjalan lebih jujur dan lebih terbuka daripada pertemuan-pertemuan sebelumnya.
  3. Akhirnya, para manajer distrik dan manajerpelayanan makan di lembaga saling bertemu. Pertemuan ini berdaarkan pada bahan dan pengalaman yang diperoleh dari sesi sebelumnya di antara manajemen tingkat atas.

 

Proses pembentukan team (team-buliding) mulai pada tingkat puncak dan bergerak terus-menerus ke bawah di dalam organisasi. Informasi dibagi-bagi pada setiap tingkat; harapan, sikap, dan perasaan dikonfrontasikan dan dibahas. Asumi yang mendasarinya adalah bahwa team-team ini hanya dapat berfungsi secara efektif, jika mereka mampu berkomunikasi secara autentik. Seperti yang diamati oleh seorang manajer “ Apa yang berubah bukanlah bahwa persoalan itu hilang, tetapi bahwa kami sekarang dapat menemukan persoalan itu untuk kami sendiri, kami dapat membahasnya secara terbuka, dan kami tidak perlu melakukan penelitian sikap untuk mengetahui perasaan kami”

Pertanyaan untuk dipertimbangkan

  1. Persoalan persoalan fundamental apakah yang ingin dipecahkan oleh program  Pengembangan Organisasi Saga?
  2. Apakah setiap perusahaan yang berkembang cepat harus mengalami persoalan yang mirip persoalan Saga?
  3. Orientasi nilai apakah yang mendasari filsafat “ Cara Saga”?

Selamat Mengerjakan

 
Comments Off on Take Home Exam UAS ” Seminar Manajemen SDM Internasional” ’14

Posted in Sumber Daya Manusia, Ujian/Kisi-kisi

 

Take Home Exam UAS “Seminar Manajemen SDM” ’14

23 Jun

Petunjuk Mengerjakan Soal:

Peserta Ujian dipersilakah menyelesaikan soal, dengan 2 (dua) bentuk jawaban. Jawaban pertama di posting di blog dengan menggunakan “comments” dan kedua,  berupa hard copy dikumpulkan di bag. Akademik, dikumpulkan paling lambat Kamis tanggal 26 Juni 2014 jam 15.00. wib dengan menandatangani presensi kehadirian yang telah disediakan.

Soal:

Perusahaan elektronika The Dancey Electronics Company terletak di pinggiran kota Dallas. Manajemen meramalkan bahwa perusahaan akan mengalami kemajuan sedang selama 10 tahun mendatang. Kemajuan ini akan memerlukan promosi dan beberapa orang ke posisi manajer umum, yang seterusnya mengharus mereka menggunakan sebagian besar waktu mereka untuk bekerja bersama-sama dengan para manajer departemen, dan mengunakan sedikit waktu untuk masalah produksi, output, dan biaya.

Sebagian besar calon yang ada sekarang ini untuk menduduki posisi manajer umum yang baru, telah bekerja pada perusahaan selama paling sedikit 15 tahun. Mereka semua terampil dalam segi operasi produksi. Tetepi, Don Kelly, wakil presiden, merasa bahwa tidak ada seorang pun dari para calon itu yang mempunyai keahlian dan pengetahuan yang mendalam mengenai persoalan perusahaan untuk menduduki dengan lancar posisi manajer umum. Dewan komisaris telah memutuskan bahwa tiga manajer umum baru itu akan direkrut dari dalam Dancey walaupun bertentangan dengan persoalan tersebut.

Dalam usahanya mencari calon paling baik bagi posisi yang baru ini, Dancy memperkerjakan sebuah perusahaan konsultan, Management Analysis Corporation (MAC), untuk melakukan pencarian intern akan orang-orang yang ahli. Lewat wawancara, testing, dan pemeriksaan catatan perusahaan, perusahaan konsultan ini menyusun daftar yang terdiri dari enam calon.

Salah seorang calon yang ditemukan MAC adalah Joe Morris. Analisis yang digunakan untuk menilai Joe menyangkut penelitian variabel lingkungan dan gaya kepemimpinannya sekarang ini. Peragaan 1 menyajikan sebuah profil dari gaya kepemimpinan Joe dan berbagai macam faktor lingkunag yang mempengaruhi gaya ini.

Gaya Joe sekarang ini, yang digambarkan sebagai gaya yang berorientasi tinggi pada tugas dan berorientasi rendah dalam lainnya. Harapan perusahaan, potensial dari calon bawahan untuk manajer umum, dan posisi baru dari manajer umum ini tidak konsisten dengan gaya kepemimpinan Joe atau setiap calon lain yang ada sekarang ini.

Jika Joe atau siapa saja dari calon-calon lain menerima pekerjaan manajer umum, maka mereka harus banyak meningkatkan orientasi merka kepada hubungan. Jika mereka tidak  merubah orientasi mereka, maka menurut perusahaan konsultasi, mereka mungkin sekali akan gagal.

Don Kelly tidak mau mengubah sama sekali pikirannya untuk mencari tiga calon manajer umum baru yang berpotensi untuk berhasil baik. Ia dan seluruh dewan komisaris ingin menggunakan kebijakan merekrut calon dari dalam perusahaan untuk mendapatkan tiga manajer umum yang paling baik. Don yakin bahwa seseorang pemimpin dapat memodifikasi gaya kepemimpinan yang digunakannya untuk memenuh tuntutan situasional baru. Keyakinan ini, dan rencana rekrutmen intern, menyebabkan Don mengadakan pertemuan untuk membahas suatu program untuk meningkatkan kesesuaian antar tiga orang manajer umum yang akhirnya terpilih – Joe Morris, Randy Cooper, dan Gregg Shumate – dan faktor-faktor intern: perusahaan, bawahan, dan persyaratan dari posisi yang baru.

Beberapa pertanyaan untuk dipertimbangkan

  1. Apakah Anda yakin bahwa diagnosis dan hasil profil yang disiapkan oleh Management Analysis Corporation merupakan langkah yang harus ditempuh dalam proses mncari kelompok manajer umum yang mempunyai potensi berhasil baik? Jelaskan
  2. Alternatif-alternatif apakah yang tersedia untuk memodifikasi efektivitas potensial dari Joe Morris dalam posisi manajer umum yang baru itu?
  3. Mengapa sukar bagi Joe Morris untuk memodifikasi gaya kepemimpinannya?

Selamat Mengerjakan

 
Comments Off on Take Home Exam UAS “Seminar Manajemen SDM” ’14

Posted in Ujian/Kisi-kisi

 

Kisi- Kisi UAS MSDM 2014

20 Jun

1. Menjelaskan dua variabel penting yang mempengaruhi kinerja/prestasi kerja individu dalam organisasi. yang harus dilakukan oleh manajemen untuk meningkatkan kinerja.

2. Menjelaskan konsep  Hubungan Industrial.

3. Menjelaskan hubungan industrial pancasila.

4. Menjelaskan fungsi SPSI berkaitan dengan Hubungan Industrial Pancasila.

5. Menjelaskan kompensasi yang adil yang dapat mendorong motivasi kerja.

6. Menjelaskan kompensasi yang layak bagi pekerja.

7. Menjelaskan cara meningkatkan kemampuan kerja dan motivasi kerja karyawan.

8. Perbedaan antara  pendidikan dan latihan.

 
Comments Off on Kisi- Kisi UAS MSDM 2014

Posted in Sumber Daya Manusia, Ujian/Kisi-kisi

 

Kisi-Kisi UAS MSDM Strategi 2014

17 Jun
  1. Strategi, dan langkah awal dari Manajer Sumberdaya Manusia dalam merencanakan SDM termasuk di dalamnya strategi rekruitmen, seleksi, serta penempatan kerja,
  2. Penjelasan pengertian strategic, dan adakah kaitan antara berpikir strategis, serta jelaskan pula secara ringkas perbedaan dan persamaan manajemen strategik, dan manajemen sumberdaya manusia setrategik.
  3. Strategi manajer SDM dalam meningkatkan produktivitas anggotanya, dan perbedaan dan persamaan antara prestasi kerja dan produktivitas kerja
  4. Faktor-faktor yang berkaiatan dengan  manajemen untuk menunjang prestasi dan produktivitas kerja pegawai
  5. Berikan pokok-pokok pikiran tugas
 
Comments Off on Kisi-Kisi UAS MSDM Strategi 2014

Posted in Seminar SDM, Ujian/Kisi-kisi

 

Kisi-kisi UAS Kepemimpinan 2014

17 Jun
  1. Ciri utama  gaya kepemimpinan situasional dan  keefektivan seorang pemimpin
  2. Kematangan pengikut, dan tipologi kematangan pengikut kaitannya dengan perilaku pemimpin.
  3. Penjelasan tentang  ciri utama kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan transaksional, serta penjelasan keefektifan pemimpin.
  4. Penjelasan tentang  ciri utama kepemimpinan demokratis dan ciri utama kepemimpinan otokratis, serta laissez faire
  5. Pokok-pokok pikiran tugas kelompok
 
Comments Off on Kisi-kisi UAS Kepemimpinan 2014

Posted in Kepemimpinan, Ujian/Kisi-kisi

 

Kiisi-kisi UAS MKK 2014

17 Jun
  1. Penjelasan tentang  pengertian  dan fungsinya kompensasi baik bagi organisasi dan anggota organisasi.
  2. Faktor-faktor yang perlu  dipertimbangkakan dalam menentukan kompensasi bagi pekerja dan eksekutif, dan  perbedaan cara menentukan kompensasinya.
  3. Perbedaan antara gaji variabel dan gaji tetap.
  4. Perbedaan antara insentif individual dan insentif organisasional.
  5. Korelasi antar kinerja dan kompensasai
  6. Pokok-pokok pikiran tugas .
 
Comments Off on Kiisi-kisi UAS MKK 2014

Posted in Ujian/Kisi-kisi

 

Kisi-kisi UAS Adm.Bisnis Pariwisata 2014

17 Jun
  1. Perbedaan antara pemimpin dan manajer
  2. Sifat kegiatannya, fungsinya sesuai Tipologi Tingkatan manajemen,
  3. Perbedaan  kepemimpinan antara kepemimpinan di organisasi pemerintahan dan di bisnis pariwisata
  4. Pengertian Pemasaran dan pentingnya manajemen pemasaran bagi manajemen pariwisata
  5. Marketing MIX dan apa fungsi utamanya dalam bisnis pariwiwsata
  6. Segmentasi pasar dalam bisnis pariwisata
  7. Pengertian manajemen produksi, serta fungsinya  bagi bisnis
  8. Perbedaan pokok, antara kegiatan bisnis jasa, perdagangan, dan pabrikasi, serta bisnis pariwisata
  9. Sistem input, sistem transformasi, dan sistem output pada Sistem produksi
 
Comments Off on Kisi-kisi UAS Adm.Bisnis Pariwisata 2014

Posted in Administrasi, Ujian/Kisi-kisi