RSS
 

Take Home Exam UAS “Seminar Manajemen SDM” ’14

23 Jun

Petunjuk Mengerjakan Soal:

Peserta Ujian dipersilakah menyelesaikan soal, dengan 2 (dua) bentuk jawaban. Jawaban pertama di posting di blog dengan menggunakan “comments” dan kedua,  berupa hard copy dikumpulkan di bag. Akademik, dikumpulkan paling lambat Kamis tanggal 26 Juni 2014 jam 15.00. wib dengan menandatangani presensi kehadirian yang telah disediakan.

Soal:

Perusahaan elektronika The Dancey Electronics Company terletak di pinggiran kota Dallas. Manajemen meramalkan bahwa perusahaan akan mengalami kemajuan sedang selama 10 tahun mendatang. Kemajuan ini akan memerlukan promosi dan beberapa orang ke posisi manajer umum, yang seterusnya mengharus mereka menggunakan sebagian besar waktu mereka untuk bekerja bersama-sama dengan para manajer departemen, dan mengunakan sedikit waktu untuk masalah produksi, output, dan biaya.

Sebagian besar calon yang ada sekarang ini untuk menduduki posisi manajer umum yang baru, telah bekerja pada perusahaan selama paling sedikit 15 tahun. Mereka semua terampil dalam segi operasi produksi. Tetepi, Don Kelly, wakil presiden, merasa bahwa tidak ada seorang pun dari para calon itu yang mempunyai keahlian dan pengetahuan yang mendalam mengenai persoalan perusahaan untuk menduduki dengan lancar posisi manajer umum. Dewan komisaris telah memutuskan bahwa tiga manajer umum baru itu akan direkrut dari dalam Dancey walaupun bertentangan dengan persoalan tersebut.

Dalam usahanya mencari calon paling baik bagi posisi yang baru ini, Dancy memperkerjakan sebuah perusahaan konsultan, Management Analysis Corporation (MAC), untuk melakukan pencarian intern akan orang-orang yang ahli. Lewat wawancara, testing, dan pemeriksaan catatan perusahaan, perusahaan konsultan ini menyusun daftar yang terdiri dari enam calon.

Salah seorang calon yang ditemukan MAC adalah Joe Morris. Analisis yang digunakan untuk menilai Joe menyangkut penelitian variabel lingkungan dan gaya kepemimpinannya sekarang ini. Peragaan 1 menyajikan sebuah profil dari gaya kepemimpinan Joe dan berbagai macam faktor lingkunag yang mempengaruhi gaya ini.

Gaya Joe sekarang ini, yang digambarkan sebagai gaya yang berorientasi tinggi pada tugas dan berorientasi rendah dalam lainnya. Harapan perusahaan, potensial dari calon bawahan untuk manajer umum, dan posisi baru dari manajer umum ini tidak konsisten dengan gaya kepemimpinan Joe atau setiap calon lain yang ada sekarang ini.

Jika Joe atau siapa saja dari calon-calon lain menerima pekerjaan manajer umum, maka mereka harus banyak meningkatkan orientasi merka kepada hubungan. Jika mereka tidak  merubah orientasi mereka, maka menurut perusahaan konsultasi, mereka mungkin sekali akan gagal.

Don Kelly tidak mau mengubah sama sekali pikirannya untuk mencari tiga calon manajer umum baru yang berpotensi untuk berhasil baik. Ia dan seluruh dewan komisaris ingin menggunakan kebijakan merekrut calon dari dalam perusahaan untuk mendapatkan tiga manajer umum yang paling baik. Don yakin bahwa seseorang pemimpin dapat memodifikasi gaya kepemimpinan yang digunakannya untuk memenuh tuntutan situasional baru. Keyakinan ini, dan rencana rekrutmen intern, menyebabkan Don mengadakan pertemuan untuk membahas suatu program untuk meningkatkan kesesuaian antar tiga orang manajer umum yang akhirnya terpilih – Joe Morris, Randy Cooper, dan Gregg Shumate – dan faktor-faktor intern: perusahaan, bawahan, dan persyaratan dari posisi yang baru.

Beberapa pertanyaan untuk dipertimbangkan

  1. Apakah Anda yakin bahwa diagnosis dan hasil profil yang disiapkan oleh Management Analysis Corporation merupakan langkah yang harus ditempuh dalam proses mncari kelompok manajer umum yang mempunyai potensi berhasil baik? Jelaskan
  2. Alternatif-alternatif apakah yang tersedia untuk memodifikasi efektivitas potensial dari Joe Morris dalam posisi manajer umum yang baru itu?
  3. Mengapa sukar bagi Joe Morris untuk memodifikasi gaya kepemimpinannya?

Selamat Mengerjakan

 
Comments Off on Take Home Exam UAS “Seminar Manajemen SDM” ’14

Posted in Ujian/Kisi-kisi