RSS
 

Gaya Kepemimpinan

22 Dec

Gaya kepemimpinan menunjuk pada perilaku yang ditampilkan oleh seorang pemimpin di hadapan orang orang yang di pimpin. Seperti akan dilihat pada uraian-uraian berikutnya, perilaku tersebut dapat berkaitan dengan perilaku komunikasi, pengambilan keputusan dan perilaku penggunakan power atau perilaku dalam mempengaruhiorang lain.

Sedangkan arti penting daripada gaya kepemimpinan dapat dilihat dari beberapa sudut. Misalnya dalam teori teori kepribadian, gaya atau perilaku akan menimbulkan citra. Etos adalah persepsi orang lain tentang seseorang (pemimpin) dalam mempengaruhi orang lain. Dalam teori komunikasi dikatakan bahwa etos merupakan alat persuasi yang paling ampuh (Ethos is strongest tool for persuasion).

Selanjutnya apabila memimpin (to lead) diartikan sebagai mempengaruhi orang lain (enfluence-ability) sangat dipengaruhi oleh “composite image” yang ditimbulkan oleh pelaku pemimpin. Berdasar uraian singkat dapat diambil kesimpulan tentang arti penting gaya kepemimpinan dalam khazanah kepemimpinan. Tentang hal ini tidak terdapat pemerintahan. Akan tetapi manakala ditanyakan “ Bagaimana kita harus bergaya sebagai pemimpin”, maka mulai kita berhadapan dengan beraneka ragam penjelasan. Sebagian berikut akan mencoba melihat beberapa di antara penjelasan tersebut.

Makalah selengkapnya bisa dilihat di sini : Gaya Kepemimpinan

 
Comments Off on Gaya Kepemimpinan

Posted in Kepemimpinan