RSS
 

Konsep Kepemimpinan

14 Oct

Manusia secara harfiah adalah khalifah/ pemimpin di muka bumi ini.  Dengan dianugerahi akal dan pikiran yang melebihi makhluk lainnya, Tuhan memercayakan semua urusan di muka bumi kepada manusia mengingat derajatnya yang paling tinggi di antara semua makhluk. Tentu saja keberadaanya cukup penting mengingat alam semesta ini perlu dijaga kelestariannya demi kelangsungan hidup makhluk lainnya. Jika alam semesta ini berantakan, tentu saja yang disalahkan adalah manusia. Manusia ikut bertanggung jawab karena sudah kodratnya kalau dia pemimpin alam semesta ini.

Tidak hanya lingkungan yang harus diperhatikan tapi juga kehidupan sosial lainnya. Manusia tidak akan bisa hidup sendiri dan pastinya akan membutuhkan orang lain. Untuk itulah dibutuhkan sumber daya yang berjiwa pemimpin. Dengan berjiwa pemimpin kita dapat mengelola diri, lingkungan, dan kehidupan sosial lebih baik. Terutama ketika kita mendapatkan masalah yang cukup rumit dan pelik. Disinilah kearifan seorang pemimpin diperhitungkan. Bagaimana ia bisa menyelesaikan persoalan tersebut agar bisa berjalan dengan baik.

Karena keberadaannya yang penting dan strategis, maka pemimpin sangat dibutuhkan. Dalam arti pemimpin itu bukan orang yang memiliki gelar dan jabatan yang banyak melainkan orang yang dapat memakmurkan diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar. Pada dasarnya semua orang bisa menjadi pemimpin hanya saja yang benar-benar bisa memakmurkan atau memberi perubahan belum tentu semua bisa melakukan. Untuk itulah konsep kepemimpinan sangat penting demi mewujudkan kemakmuran alam semesta.

Makalah selengkapnya bisa dibaca di sini: KONSEP KEPEMIMPINAN

 
Comments Off on Konsep Kepemimpinan

Posted in Kepemimpinan