RSS
 

PENGEMBANGAN METODE IMBALAN

22 May

      I.            IMBALAN FINANSIAL DAN IMBALAN NON FINANSIAL

Kajian manajemen imbalan sejauh ini baru mengenalkan dua jenis imbalan yakni, imbalan finansial dan non finansial. Keduanya diuraikan berikut ini:

  1. Imbalan Finansial

Finansial merupakan kata sifat yang diterjemahkan atau dialih bahasakan dari kosa kata bahasa Inggris financial yang berarti “yang berhubungan dengan keuangan”. Imbalan finansial berarti semua varian imbalan yang berbentuk uang atau berkaitan dengan uang. Imbalan finansial mencakup beberapa bentuk imbalan sebagai berikut (disarikan dari Armstong & Murlis, 2003: Poels, 2003: Ivancevich, Konopaske, & Matteson, 2005).

a. Gaji dasar. Gaji dasar atau gaji pokok adalah gaji untuk suatu jabatan yang besarnya dipengaruhi oleh pasar internal maupun eksternal.

b. Gaji variabel. Gaji variabel atau disebut juga sebagai gaji yang penentuannya didasarkan atas presentasi individu, tim atau perusahaan dan atau tingkat kompetensi atau keterampilan individu.

c. Tunjangan dan dana pensiun. Tunjangan adalah bagian dari imbalan yang biasanya mencakup uang pensiun, uang duka, tunjangan pengobatan, mobil perusahaan atau asuransi kesehatan permanen selain berbagai tunjangan lainnya dalam bentuk uang. Termasuk di dalamnya adalah tunjangan paruh waktu. Tunjangan ini juga bisa mencakup unsur-unsur yang bukan penggajian semata, misalnya pemberian hari libur tahunan (uang plesir), bantuan perawatan anak dan bantuan sembako (innatura).

selengkapnya: PENGEMBANGAN METODE IMBALAN

 
Comments Off

Posted in Manajemen Kinerja

 

Comments are closed.