RSS
 

KONSEP PERILAKU DAN IMBALAN/KOMPENSASI

20 Apr

Imbalan/kompensasi/remunerasi memiliki pengertian yang lebih luas dibandingkan dengan upah ataupun gaji. Menurut Ruky, imbalan mencakup semua pengeluaranyang dikeluarkan oleh perusahaan untuk pekerja dan dinikmati oleh pekerja, baik secara langsung, rutin maupun tidak langsung (pada suatu hari nanti).

Sedangkan menurut ILO dalam konvensinya mengatakan imbalan adalah upah/gaji biasa, pokok atau minimum dan setiap emolumen tambahan yang dibayarkan langsung atau tidak langsung, apakah dalam bentuk uang tunai atau barang, oleh pengusaha kepada pekerja dalam kaitan dengan hubungan kerja.

Imbalan/kompensasi adalah segala sesuatu yang diterima karyawan sebagai balas jasa untuk kerja mereka. Imbalan atas kontribusi yang telah diberikan seorang karyawan kepada perusahaan baik berupa financial maupun non-financial.

Konsep perilaku adalah suatu fungsi dari interaksi antara seorang individu dengan lingkungannya. Individu yang masuk ke suatu organisasi akan membawa kemampuan, kepercayaan pribadi, pengharapan kebutuhan dan pengalaman masa lalunya. Ini semua adalah karakteristik yang dimiliki oleh individu itu. Organisasi yang juga merupakan suatu lingkungan bagi individu yang mempunyai karakterikstik itu pula.

Karakteristik yang dimiliki organisasi diantaranya adalah keteraturan yang yang diwujudkan dalam dalam susunan hierarki, pekerjaan-pekerjaan, tugas-tugas, wewenang dan tanggungjawab, sistem penggajian, sistem pengendalian, dan sebagainya. Jika karakteristik individu berinteraksi dengan karrakteristik organisasi, maka akan terwujudlah perilaku individu dalam organisasi.

Oleh karena itu, sistem imbalan hendaknya tidak hanya menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan perilaku karyawan yang tidak diinginkan, tetapi sebaiknya juga mampu menimbulkan perilaku yang diinginkan. Ada tiga perilaku yang biasanya diinginkan sebagian besar organisasi, yaitu perilaku keanggotaan (membership behaviour), perilaku tugas/kerja (task behaviour) dan organizational citizenship behaviour.

Makalh selengkapnya bisa dilihat di sini : Makalah bab 6 Aspek Perilaku dan Imbalan atau Kompensasi

 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*