RSS
 

BUDAYA ORGANISASI DAN MSDM STRATEGI

21 Apr

Berikut ini adalah beberapa pengertian konsep budaya organisasi, yaitu:

a         Budaya organisasi adalah pola dasar yang diterima oleh organisasi untuk bertindak dan memecahkan masalah, membentuk karyawan yang mampu beradaptasi dengan lingkungan dan mempersatukan anggota-anggota organisasi. Untuk itu harus diajarkan kepada anggota termasuk anggota yang baru sebagai suatu cara yang benar dalam mengkaji, berpikir dan merasakan masalah yang dihadapi (Schein, 1992:12).

b        Wheelen dan Hunger (1986), budaya organisasi adalah nilai-nilai yang dianut bersama oleh anggota organisasi dan diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

c         Robbins (1996) memberi pengertian budaya organisasi antara lain sebagai:

1)      Nilai-nilai dominan yang didukung oleh organisasi.

2)      Falsafah yang menuntun kebijaksanaan organisasi terhadap pegawai dan pelanggan.

3)      Cara pekerjaan dilakukan di tempat itu.

4)      Asumsi dan kepercayaan dasar yang terdapat di antara anggota organisasi.

Berdasarkan beberapa pengertian budaya organisasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa budaya organisasi merupakan nilai, keyakinan, perilaku, kebiasaan dan sikap yang digunakan oleh anggota suatu organisasi dalam bertindak di lingkungan internal dan atau eksternal organisasinya yang berbeda dengan organisasi lainnya. Budaya organisasi adalah suatu persepsi bersama yang dianut oleh anggota-anggota organisasi dan dipegang teguh secara mendalam tentang bagaimana organisasi seharusnya dijalankan.

Artikel selengkapnya bisa dilihat di sini : Budaya Organisasi dan MSDM Strategi-Kelompok 6-Kelas F MSDM

 
No Comments

Posted in MSDM

 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*