RSS
 

Seleksi dan Penempatan Kerja (Placement)

19 Mar

Menurut Siswanto (1989: 68-70) Seleksi tenaga kerja adalah kegiatan suatu perusahaan untuk menentukan dan memilih tenaga kerja yang memenuhi kriteria yang telah di tetapkan oleh perusahaan serta memprediksi kemungkinan terhadap keberhasilan/kesuksesan atau kegagalan individu dalam pekerjaan yang akan di embannya.

Menurut Veithzal Rivai(2008), seleksi adalah kegiatan dalam manajemen SDM yang dilakukan setelah proses rekrutmen seleksi dilaksanakan. Hal ini berarti telah terkumpul sejumlah pelamar yang memenuhi syarat untuk kemudian dipilih mana yang dapat ditetapkan sebagai karyawan dalam suatu perusahaan. Proses pemilihan ini yang dinamakan seleksi.

Menurut Agus Sunyoto(2008) proses seleksi adalah usaha menjaring dari mereka yang dianggap nantinya bisa menyesuaikan diri dengan pekerjaan yang ditawarkan, mereka dianggap dapat memperlihatkan unjuk kerja yang diharapkan oleh para pimpinan organisasi

Makalah selengkapnya bisa dilihat di sini : seleksi dan penempatan kerja (placement)

Upload Revisi: seleksi dan penempatan kerja (placement)

 

 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*

 
  1. Mochamad Biodi 135030200111047

    April 5, 2015 at 10:09 am

    Faktor latar belakang pendidikan akan mempengaruhi penempatan pekerja, atau dalam makalah anda menyebutnya dengan ” The right man in the right place”.
    Lalu bagaimanakah pendapat anda dengan penempatan pekerja yg tidak sesuai dg latar belakang pendidikanya ?
    Contoh : banyak seorang Sarjana Farmasi dan Sarjana Fisika yg bekerja dalam sebuah Bank.
    Menurut anda, apa yg melatarbelakangi perusahaan mengambil pekerja untuk bekerja pada posisi yg tidak sesuai latar belakang pendidikanya ?

     
  2. Andhika Tanjung 135030201111028

    April 10, 2015 at 7:57 pm

    menurut saya dengan adanya pekerja yang di pekerjakan tidak sesaui pada latar belakang pendidikannya adalah kurangnya sumberdaya yang di butuhkan perusahaan sehingga perusahan tidak punya pilihan lain dengan mempekerjakan pekerja yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. tapi perusahaan juga tidak sembarangan dalam hal merekrut pegawai di perusahaannya. tetap dengan prosedur yang ditetapkan perusahaan dalam merekrut pegawai dan memiliki keterampilan atau softskill yang di butuhkan perusahaan.