RSS
 

Imbalan/Kompensasi

27 Mar

Mangkuprawira (2004:196-212) menjelaskan bahwa kompensasi meliputi bentuk pembayaran tunai langsung, pembayaran tidak langsung dalam bentuk manfaat karyawan dan insentif untuk memotivasi karyawan agar bekerja keras untuk mencapai produktivitas yang semakin tinggi.

Kompensasi merupakan sebuah komponen penting dalam hubungannya dengan karyawan. Dia sangat dipengaruhi faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan. Kompensasi sangat dipengaruhi oleh tekanan-tekanan faktor-faktor pasar kerja, posisi rebut tawar kolektif, peraturan pemerintah, filosofi manajemen puncak tentang pembayaran dan manfaat termasuk tantang dari kompensasi internasional.

Dengan kata lain, kompensasi mengandung arti tidak sekedar hanya dalam bentuk finansial saja, seperti yang langsung berupa gaji, komisi, dan bonus serta tidak langsung berupa asuransi, bantuan sosial, uang cuti, uang pensiun, pendidikan dan sebagainya, tetapi juga bentuk bukan finansial. Bentuk ini berupa pekerjaan dan lingkungan pekerjaan. Bentuk pekerjaan berupa tanggung jawab, perhatian, kesempatan dan penghargaan, sementara bentuk lingkungan perkerjaan berupa kondisi kerja, pembagian kerja, status dan kebijakan. Dalam bab ini, uraian lebih di tekankan pada apa dan bagaimana sistem penggajian dan kompensasi jasa terjadi dalam sebuah perusahaan.

selengkapnya bisa dilihat di sini : Imbalan atau kompensasi

 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*

 
  1. Citra Dwi J

    March 27, 2015 at 2:47 pm

    Saya ingin bertanya pada kelompok 5. Bagaimana jika ada seorang karyawan yang merasa tidak puas dengan imbalan/kompensasi yang diberikan? Apa saja langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan oleh perusahaan berkenaan dengan hal tersebut?

     
    • ANDIKA+DWI+PUTRA+P.+125030201111016

      April 10, 2015 at 6:00 pm

      Jawaban dari pertanyaan Citra : kompensasu banyak jenisnya, yang ditanyakan kompensasi yang mana dulu. Kalau gaji dan tunjangan finasial lain saya rasa itu telah disepakati dari awal karyawan masuk disebuah perusahaan. Jadi kemungkinan untuk tudak puas sangat sedikit karena hal itu sudah disepakati dari awal. Kalo kompensasi yang dimaksud bukan berbentuk finansial hal itu bisa di atasi dengan cara komunikasi(lobying) yang bisa dilakukan lanhsung dengan karyawan.

       
  2. Agnes+Yosephine+Saragih

    March 29, 2015 at 10:41 pm

    Sejauh mana pengaruh sistem imbalan terhadap kepuasan kerja karyawan dan membawa pengaruh terhadap komitmen karyawan pada sebuah perusahaan?

     
  3. Ariesta+Carmelita

    March 30, 2015 at 1:45 pm

    Dengan adanya sistim kompensasi, diharapkan adanya peni gkatan kinerja karyawan dan behubungan positif bagi kinerja perusahaan. Bagaimana langkah yang tepat dalam menentukan strategi kompensasi? Lalu mengapa tujuan strategi kompensasi tidak tercapai?

     
  4. Agus Gede Wily Adnyana 125030207111102

    May 2, 2015 at 6:50 pm

    menurut kelompok anda setujukah jika sebuah perusahaan memberikan kenaikan gaji,berikan alasannya dan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan