RSS
 

Desain Pekerjaan

03 Mar

Herjanto (2001) menjelaskan bahwa desain pekerjaan adalah rincian tugas dan cara pelaksanaan tugas atau kegiatan yang mencakup siapa yang mengerjakan tugas, bagaimana tugas itu dilaksanakan, dimana tugas dikerjakan dan hasil apa yang diharapkan. Sulipan (2000) menambahkan desain pekerjaan adalah fungsi penetapan kegiatan kerja seorang atau sekelompok karyawan secara organisasional.

Handoko (2000) menyatakan bahwa desain pekerjaan adalah fungsi penetapan kegiatan-kegiatan kerja seseorang individu atau kelompok karyawan secara organisasional yang bertujuan untuk mengatur penugasan-penugasan kerja yang memenuhi kebutuhan organisasi, teknologi, dan keperilakuan. Selain itu, menurut Dwiningsih (2009) desain pekerjaan adalah sebuah pendekatan yang menentukan tugas-tugas yang terkandung dalam suatu pekerjaan bagi seseorang atau sekelompok karyawan dalam suatu organisasi.

Makalah selengkapnya bisa dilihat di sini : Makalah MSDM

 
2 Comments

Posted in MSDM

 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*

 
  1. nadya aurora pratiwi

    March 7, 2015 at 12:59 pm

    Diukur dari manakah tugas yang dilaksakanakan tersebut, dikatakan sudah tercapai atau belum tercapai pada desain pekerjaan itu ?

     
  2. Mochamad Biodi 135030200111047

    April 5, 2015 at 9:55 am

    Inti dari Job Design adalah “Pekerja merasa nyaman dan hasilnya maksimal”. Nah apabila kedua keadaan tsb tidak bisa terpenuhi, contoh : pekerja nyaman bekerja namun hasil bagi perusahaan tidak maksimal, atau hasil perusahaan maksimal namun pekerja tidak merasa nyaman bekerja. Manakah kondisi yang akan anda pilih jika anda duduk dalam posisi pembuat kebijakan di perusahaan ? Lebih memilih membuat pekerja nyamankah ? Atau lebih memilih hasil yang maksimal ? Jelaskan pemdapat anda !