RSS
 

Peran Kepemimpinan

22 Dec

Dalam kenyataan sehari-hari, peran pemimpin tidak pernah lepas dari pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen dalam organisasi, mulai dari fungsi-fungsi manajemen dalam organisasi, mulai dari organisasi Planning termasuk budgeting, Organizing, Staffing, Actuating or Leadership, Coordinating dan Controlling atau Evaluation. Akan tetapi, setiap perjalanan operasional suatu organisasi akan menemui kendala atau masalah akibat dinamika lingkungan Internal dan Eksternal organisasi. Untuk menyiasati situasi dan kondisi tersebut maka diperlukan seni memimpin yang cerdas untuk mencapai efektivitas kepemimpinan. Kepemimpinan yang efektif bagi pemimpin dalam melaksanakan peran pengendalian organisasi memiliki kontribusi besar bagi keberhasilan orang-orang yang dipimpinnya untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Seperti yang diajarkan oleh Sun-Tzu dan dijabarkan oleh Roger T. Ames (Ames, 2002 : 87) sebagai berikut.

“Komandan yang utuh mampu mencapai dan memelihara kendali terhadap situasi militer dengan cara analogis dengan kendali seorang penguasa yang handal terhadap situasi sipil dengan kendali seorang petani terhadap panennya : dengan pemahaman yang tuntas akan kondisi-kondisi yang menentukan situasinya dan memanipulasi terhadap keadaan-keadaan ini demi tujuannya : ia yang mengenal musuhnya dan dirinya sendiri tak akan pernah beresiko dalam status pertempuran”

Axelrod (2003:99-100) mengemukakan bahwa manager (pemimpin) yang efektif harus bermain dalam wilayah kekuatannya, dimana Pemimpin tersebut harus mengerjakan sebanyak mungkin bisnis di wilayah dan pasar dimana ia mempunyai pengalaman terbanyak dan sumber daya paling intensif. Sehingga pemimpin harus mengendalikan situasi dan kondisi pada bidang atau wilayah organisasi yang dipimpinnya.

Makalah selengkapnya bisa dilihat di sini : Peran Kepemimpinan

 
 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*

 
  1. Prasetyo Dwi S

    March 5, 2015 at 11:37 pm

    Pemimpin seharusnya ialah seseorang yang harus mampu mengendalikan bawahannya untuk menjadi yang lebih baik dalamm setiap situasi ataupun kondisi tertentu. Pemimpinpun harus berani mengambil keputusan dengan mengikuti kata hati bukan dari omongan orang yang belum tentu baik dalam menyarankan, pemimpim harus berani menanggung resiko atas keputusan yang dia pilih.
    Prasetyo Dwi Suryanto
    135030401111082

     
  2. firdi Putranto

    September 10, 2015 at 9:27 pm

    menurut saya pemimpin ialah seorang yang berfikir bagaimana bekerja namun tidak bekerja pada buku Warren Steve Brown yang berjudul 13 kesalahan fatal manajer menerangkan bab tentang manajemen yang efektif yang mana pimpinan berusaha dan mengatur agar bawahannya mandiri sehingga merendahkan resiko yang akan terjadi. seperti apa yang di ungkapkan pada buku dari Juran yang berjudul Merancang Mutu pada buku ini di terangkan bagaimana peran seorang Pemimpin dalam pengelolaan internalnya sehingga tercipta efesiensi mutu dan kinerja sehingga tidak organisasi tidak terkelola dengan pemborosan dari segi Time dan Cost saat proses berjalan dan efesiens mutu ini berpengaruh terhadap efektivitas dari proses dan output yang di hasilkan hingga menjadi sebuah keunggulan maka dari itu pemimpin harus membuat sebuah administrative control yang baik untuk mencapai hal seperti yang di atas.

    selain itu peran pemimpin juga berperan dalam kelangsungan hidup organisasi dan eksistensi dari organisasi seperti yang di ungkapkan Sun Tzu pada bukunya yang berjudul Art Of War “ia yang mengenal musuhnya dan dirinya sendiri tak akan pernah beresiko dalam status pertempuran” ini saya tanggapi seperti saat pemimpin untuk menciptakan analisis SWOT yang tidak hanya menggambarkan tentang diri organisasi namun juga pesaing/organisasi lainya agar mengerti kelemahan dan menonjolkan keunggulan yang organisasi miliki

    firdi Putranto
    125030202111010