RSS
 

Gaya Kepemimpinan

22 Dec

Gaya kepemimpinan menunjuk pada perilaku yang ditampilkan oleh seorang pemimpin di hadapan orang orang yang di pimpin. Seperti akan dilihat pada uraian-uraian berikutnya, perilaku tersebut dapat berkaitan dengan perilaku komunikasi, pengambilan keputusan dan perilaku penggunakan power atau perilaku dalam mempengaruhiorang lain.

Sedangkan arti penting daripada gaya kepemimpinan dapat dilihat dari beberapa sudut. Misalnya dalam teori teori kepribadian, gaya atau perilaku akan menimbulkan citra. Etos adalah persepsi orang lain tentang seseorang (pemimpin) dalam mempengaruhi orang lain. Dalam teori komunikasi dikatakan bahwa etos merupakan alat persuasi yang paling ampuh (Ethos is strongest tool for persuasion).

Selanjutnya apabila memimpin (to lead) diartikan sebagai mempengaruhi orang lain (enfluence-ability) sangat dipengaruhi oleh “composite image” yang ditimbulkan oleh pelaku pemimpin. Berdasar uraian singkat dapat diambil kesimpulan tentang arti penting gaya kepemimpinan dalam khazanah kepemimpinan. Tentang hal ini tidak terdapat pemerintahan. Akan tetapi manakala ditanyakan “ Bagaimana kita harus bergaya sebagai pemimpin”, maka mulai kita berhadapan dengan beraneka ragam penjelasan. Sebagian berikut akan mencoba melihat beberapa di antara penjelasan tersebut.

Makalah selengkapnya bisa dilihat di sini : Gaya Kepemimpinan

 
 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*

 
  1. Ikhsanuz Zaky

    March 6, 2015 at 1:57 pm

    IKHSANUZ ZAKY
    135030400111009
    Kepemimpinan Kelas C

    Pada Gaya kepemimpinan Gaya Kepemimpinan Kontinum terdapat tujuh model dalam kerangka dua gaya otokratis dan demokratis. Menurut saya ketjuh model tersebut tidak belum menunjukan gaya kepemimpinan yang sesungguhnya. Beberapa poin masih terlihat bahwa si pemimpin masih mencba untuk menggunakan kekuasaan dan aturannya. Gaya seperti ini saya rasa lebih bersifat gaya memanejerial bawahannya, bukan cara agar bawahannya mengikit pada si pemimpin. Karna pada dasarnya seseorang yang memiliki sifat kepemimpinan adalah seseorang yang dapat mempengaruhi orang lain.
    Mempengaruhi orang lain tidak harus dengan menggunakan kata-kana verbal. Menurut saya gaya kepemimpinan yang paling populer dan disukai oleh masyarakan indonesia saat ini adalah gaya kepemimpinan pemerhati dan bercitra berprilaku dengan baik.
    Contoh, kisah si A kepada si B, ketika si B berprilaku dengan baik, cara berbicaranya sopan, cara berjalannya sopan, rendah hati, tidak arrogant, sederhana, suka menolong sekaligus perhatian, maka si A pun takjub kepada si B, dan otomatis si B pun akan menjadi panutan serta si A akan melakukan apapun yg diinginkan si B tanpa harus menyuryh si A.
    Terbukti pula menurut saya gaya seperti tersebut pada kasus kemenangan Jokowi sebagai Presiden. Jokowi hanya memperlihatkan sisi perhatian dan kesederhanaannya kepada publik melalu media pada pekerjaannya sehari hari, walapun menurut saya yang dilakukannya hanya biasa-biasa saja, hingga pada akhirnya masyarakatpun banyak yang mendukung Jokowi untuk terpilih menjadi Preside Jokowi. Tetapi menurut saya, gaya kepemimpinan Pak Jokowi ini saya namakan Gaya Kepemimpinan Pencitraan, bukan kepemimpinan yang sesusungguhnya.
    Menurut saya ada Gaya Kepemimpinan yang belum terdefinisi hingga saat sekarang ini, dan hanya dimiliki oleh seoseorang saja hingga sepanjang masa. Yaitu gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh Rasulullah. Yakni pemimpin yang melahirkan pemimpin dari generasi ke genarasi, melakukan apa yang dilakukan dari Rasulullah dari generasi ke generasi. Sifat kepemimpinan inilah yang saya sebut sebagai pemimpin yang murni. Pemimpin Abadi.