RSS
 

Kisi-kisi UTS ’14 EV.Belajar dan Media Pembelajaran

22 Apr

1.     Prinsip-prinsip pembelajaran dan pengertian evaluasi.

2.       Beberapa hal yang perlu disiapkan dalam proses evaluasi belajar, dan  hal penting apakah yang perlu dipertimbangkan agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif

3.       Dalam Proses pembelajaran ada beberapa hal yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran, diantaranya modul pembelajaran, pengajar itu sendiri, infrastruktur, dan tidak kalah pentingnya adalah pemilihan media pembelajaran yang tepat.   Faktor-fkator  yang perlu dipertimbangkan dalam memilih media pembelajaran yang tepat

4.       Pokok-pokok pikiran tugas kelompok .

 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*

 
  1. siska pratiwi

    April 25, 2014 at 10:07 pm

    Terimakasih Pak..

     
  2. Anik Rotul Qori'ah

    May 12, 2014 at 11:15 pm

    Nama : Anik Rotul Qori’ah
    NIM : 115030201111069
    Matkul : MSDM Stratejik
    Kelas : A

    ORIENTASI, PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

    Orang-orang yang ahli dan kompeten dalam suatu organisasi/perusahaan dapat diperoleh melalui 2 cara, yaitu :
    - Menyeleksi orang-orang terbaik
    - Melatih dan mengembangkan orang-orang yang sudah ada secara optimal

    2.1 Orientasi Sumber Daya Manusia
    A. Pengertian Orientasi
    Orientasi adalah pengenalan dan adaptasi terhadap suatu situasi atau lingkungan. Dimaksud orientasi disini adalah pengembangan dan pelatihan awal bagi para karyawan baru yang memberi mereka informasi bagi perusahaan, pekerjaan, maupun kelompok kerja. Pengenalan dan orientasi perlu diprogamkan karena adanya sejumlah aspek khas yang muncul pada saat seseorang memasuki lingkungan kerja yang baru. Aspek-aspek ini antara lain :
    • Masalah yang dihadapi karyawan baru biasanya berupa kecemasan, misalnya: apakah saya akan diterima lingkungan?; apakah saya disukai oleh atasan dan rekan kerja saya?; amankah saya berada dilingkungan baru ini?
    • Harapan yang tidak realistis: karyawan baru biasanya mempunyai harapan-harapan yang tidak realistis karena tidak memiliki gambaran atau informasi yang jelas dan lengkap tentang lingkungan kerja yang sesungguhnya.
    • Diperlukan proses sosialisasi karena adanya perbedaan antara kepribadian individu karyawan dan budaya/ nilai organisasi, diperlukan penyesuaian-penyesuaian melalui proses sosialisasi. Proses sosialisasi yang efektif dapat mempersingkat waktu penyesuaian diri karyawan dengan budaya organisasi.

    B. Materi-materi Orientasi
    Materi-materi yang diberikan pada masa orientasi kepada para SDM/karyawan baru meliputi :
    • Profil organisasi termasuk didalamnya sejarah berdirinya perusahaan, visi dan misi yang ingin dicapai perusahaan, struktur organisasi perusahaan berikut para pemangku jabatan pada seluruh departemen yang perlu diketahui.
    • Peraturan-peraturan dan berbagai kebijakan perusahaan dalam hubungannya dengan hak dan kewajiban karyawan.
    • Berbagai fasilitas yang mungkin dapat digunakan atau tidak boleh digunakan oleh karyawan.
    • Pengenalan kondisi lingkungan kerja dimana karyawan tersebut akan berja seperti siapa yang menjadi atasan langsung, atasan tidak langsung, rekan kerja, bawahan, kondisi ruangan kerja, dan fasilitasnya.
    • Pengenalan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh SDM yang bersangkutan sesuai dengan job description.

    2.2 Pelatihan danPengembanganSumber Daya Manusia
    A. Pengertian Pelatihan
    Pelatihan adalah aktifitas yang dirancang untuk memberi para pembelajar pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan mereka saat ini.
    Pelatihan dimaksudkan untuk memperbaiki penguasaan berbagai ketrampilan dan teknik pelaksanaan kerja tertentu, rutin dan terinci. Serta menyiapkan karyawan untuk melakukan pekerjaan sekarang.

    B. Pengertian Pengembangan Manajemen
    Pengembangan manajemen terdiri atas seluruh pengalaman pelatihan yang diberikan oleh organisasi yang menghasilkan peningkatan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam posisi-posisi manajerial saat ini dan dimasa pendatang.
    Beberapa manfaat stratejik yang mungkin diperoleh dari pelatihan dan pengembangan yaitu:
    • Mencakup kepuasan karyawan,
    • Meningkatnya semangat,
    • Tingkat retensi yang lebih tinggi,
    • Turnover (pergantian) yang lebih rendah,
    • Perbaikan dalam penarikan karyawan,
    • Hasil akhir yang lebih baik, dan
    • Kenyataan bahwa para karyawan yang puas akan menghasilkan para pelanggan yang puas.

    C. Tujuan Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
    Tujuan diadakan pelatihan yang diselenggarakan organisasi/perusahaan terhadap SDM karena , menginginkan adanya perubahan dalam prestasi kerja SDM sehingga dapat sesuai dengan tujuan perusahaan. Jadi sebelum melakukan pelatihan akan dijelaskan terlebih dahulu tujuan perusahaan tersebut.
    Dan jika diuraikan tujuan dari pelatihan sebagai berikut :
    • Memperbaiki kinerja.
    • Memutakhirkan keahlian para karyawan sejalan dengan kemajuan teknologi.
    • Mengurangi waktu belajar bagi karyawan baru supaya kompeten dalam pekerjaan.
    • Membantu memecahkan masalah operasional.
    • Mempersiapkan karyawan untuk promosi.
    • Mengorientasikan karyawan terhadap organisasi.
    • Memenuhi kebutuhan-kebutuhan pertumbuhan pribadi.
    • Meningkatkan kuantitas dan kualitas kerja.
    • Mencapai standar kinerja yang dapat diterima.
    • Menciptakan sikap, loyalitas, dan kerjasama yang lebih menguntungkan.
    • Memenuhi kebutuhan perencanaan SDM.
    • Mengurangi jumlah dan biaya kecelakan kerja.
    • Membantu karyawan dalam peningkatan dan pengembangan pribadi mereka.

    D. Metode Pelatihan dan Pengembangan
    1. Metode On the job Training
    • Job Intruction tecnique Training
    Progam diberikan langsung ditempat pekerjaan dibawah instruksi seorang senior yang sudah berpengalaman.
    • Job Rotation
    Pelatihan dilakukan dengan cara memindahkan karyawan dari suatu pekerjaan ke pekerjaan lain. Dengan ini peserta progam dapat mengetahui dan mengerti tugasnya masing-masing.
    • Apprenticeship
    Disini karyawan belajar dengan karyawan lain yang lebih berpengalaman.
    • Coaching
    Manajemen memberikan bombingan atau contoh model kepada karyawan dalam pelaksanaan pekerjaan rutin mereka.
    2. Off The Job Technique
    • Lecture
    Lebih menekankan kepada pemberian teori secara lisan dan diorganisasikan secara formal. Biasanya digunakan apabila jumlah peserta progam banyak sehingga biaya relatif murah.
    • Video Presentation
    Hampir sama dengan sebelumnya, tetapi metode ini menggunakan televisi, slide, film, dan sebagainya.
    • Vestibule training
    Dilaksanakan disuatu tempat yang khusus terpisah dari tempat sebenarnya dengan menggunakan peralatan sebenarnya sehingga tidak mengganggu jalannya operasional perusahaan.
    • Simulation
    Berusaha menciptakan suatu tempat yang serupa dengan keadaan kondisi demikian.
    • Self-study
    Teknik ini menghgunakan modul-modul tertulis, kaset-kaset rekaman, kaset video yang diberikan kepada peserta pelatihan.
    • Laboratory Training
    Bentuk pelatihan kelompok yang terutama digunakan untuk mengembangkan interpersonal skills.
    Dalam pelatihan metode mana yang akan digunakan oleh suatu perusahaan dalam melaksanakan progam pelatihan tidak ada satupun metode yang paling baik. Diperlukan suatu kombinasi antara satu metode dengan metode lainnya.

    No Perbedaan Pengembangan Pelatihan
    1. Tujuan Peningkatan kemampuan individu bagi kepentingan jabatan yang akan datang Peningkatan kemampuan individu bagi kepentingan jabatan saat ini
    2. Sasaran Peningkatan kinerja jangka panjang Peningkatan kinerja jangka pendek
    3. Orientasi Kebutuhan perubahan terencana atau tidak terencana Kebutuhan jabatan sekarang
    4. Efek terhadap karir Keterkaitan dengan karir relatif tinggi Keterkaitan dengan karir relatif rendah
    E. Perbedaan Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

    F. Kelemahan Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.
    Beberapa kelemahan pelatih dapat menyebabkan gagalnya sebuah program pelatihan. Suatu pemahaman terdahap masalah potensial ini harus dijelaskan selama pelatihan pada trainer. Kelemahan-kelemahan meliputi:
    1. Pelatihan dan pengembangan dianggap sebagai obat untuk semua penyakit organisasional.
    2. Partisipan tidak cukup termotivasi untuk memusatkan perhatian dan komitmen mereka.
    3. Sebuah teknik dianggap dapat diterapkan disemua kelompok, dalam semua situasi, dengan keberhasilan yang sama.
    4. Kinerja partisipan tidak dievaluasi begitu kayawan telah kembali kepekerjaannya.
    5. Informasi biaya-manfaat untuk mengevaluasi program pelatihan tidak dikumpulkan.
    6. Ketidakadaan atau kurangnya dukungan manajemen.
    7. Peran utama penyelia/atasan tidak diakui.
    8. Pelatihan bakal tidak akan pernah cukup kuat untuk menghasilkan perbaikan kinerja yang dapat diveifikasi.
    9. Sedikit atau tidak ada persiapan untuk tindak lanjut.

    Kesimpulan
    • Orientasi adalah pengenalan dan adaptasi terhadap suatu situasi atau lingkungan. Dimaksud orientasi disini adalah pengembangan dan pelatihan awal bagi para karyawan baru yang memberi merka informasi bagi perusahaan, pekerjaan, maupun kelompok kerja.
    • Pelatihan adalah aktifitas yang dirancang untuk memberi para pembelajar pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan mereka saat ini.
    • Pengembangan manajemen terdiri atas seluruh pengalaman pelatihan yang diberikan oleh organisasi yang menghasilkan peningkatan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam posisi-posisi manajerial saat ini dan dimasa pendatang.
    • Tujuan diadakan pelatihan yang diselenggarakan organisasi/perusahaan terhadap SDM karena , menginginkan adanya perubahan dalam prestasi kerja SDM sehingga dapat sesuai dengan tujuan perusahaan.

    DAFTAR PUSTAKA

    How to Develop the Best Training Initiatives,’’ HR Focus 82 (August 2005).
    http://ultari.blog.esaunggul.ac.id/2012/03/22/orientasi-pelatihan-dan-pengembangan.
    Mondy, R. Wayne. 2008,. Manajemen Sumber Daya Manusia, jilid 1 Edisi 10, PT. Gelora Aksara Pratama: Jakarta.
    Sofyadi, Heman. 2008,. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Graha Ilmu : Yogyakarta.
    http://blogachzanalbakasi.blogspot.com/2013/06/orientasi-penilaian-dan-pengembangan.html